ADVERTISEMENT

Jokowi Luncurkan Mobil Listrik Pertama 'Buatan' Indonesia, Hyundai Ioniq 5

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 16 Mar 2022 15:20 WIB
Peresmian pabrik Hyundai dan peluncuran mobil listrik Ioniq 5
Presiden Jokowi meluncurkan mobil listrik pertama 'bikinan' Indonesia (Youtube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di kawasan Deltamas, Cikarang, Bekasi diresmikan Presiden Joko Widodo. Peresmian pabrik ini berbarengan dengan peluncuran mobil listrik perdana rakitan Indonesia yakni Hyundai Ioniq 5.

Langkah ini menjadi penting mengingat pemerintah juga tengah mendorong penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

"Mobil ini menjadi mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia yang diproduksi untuk memenuhi pasar Indonesia maupun pasar ekspor," ungkap Jokowi saat meresmikan pabrik Hyundai seperti dilihat dalam akun Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (16/3/2022).

Ioniq 5 merupakan mobil listrik ketiga Hyundai di Indonesia. Sebelumnya, Hyundai telah merilis Kona Electric dan juga Ioniq Electric pada tahun 2020. Namun kedua mobil itu masih didatangkan langsung dari Korea Selatan bukan produksi dalam negeri.

Peluncuran mobil listrik perdana produksi lokal ini diharapkan bisa memacu para produsen lain untuk melakukan pengembangan serupa.

"Saya harapkan Ioniq 5 akan menjadi milestone penting dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesia yang semakin canggih dan diminati," kata Jokowi.

Sekadar informasi, Hyundai bakal menggunakan platform Electric Global Modular Platform (E-GMP) untuk membangun mobil listrik. Salah satu produk yang sudah dibangun di atas E-GMP adalah Hyundai Ioniq 5,

Platform E-GMP ini diciptakan Hyundai Motor Group yang direncanakan bakal digunakan pada 23 model kendaraan listrik baru pada tahun 2025, dan akan memasok lebih dari 1 juta unit kendaraan listrik.

Salah satu keunggulan dari SUV listrik ini adalah mampu ngecas dari 10 sampai 80 persen dalam waktu 18 menit saja. Saat ini mobil tersebut tersedia dalam pilihan baterai 72,6 kWh dan rencananya bakal ditingkatkan menjadi 77,4 kWh.

Hal ini membuat Hyundai Ioniq 5 mampu menempuh jarak lebih jauh lagi. Awalnya, mobil EV tersebut mampu menempuh perjalanan 423 km, kini Ioniq 5 diklaim bisa menjangkau jarak 480 km sampai 490 km dalam sekali pengisian daya baterai.



Simak Video "Mobil Bensin Bisa Ditekan Emisinya, Masih Butuh Mobil Listrik?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT