ADVERTISEMENT

Terungkap! Ini Alasan Toyota Jual Mobil Listrik Merek Lexus Duluan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 14 Mar 2022 12:45 WIB
Gaung Toyota belum begitu terdengar di kelas mobil listrik. Namun untuk saat ini, mereka punya perwakilan dari merek premiumnya yakni Lexus UX 300e. Penasaran?
Toyota memilih menjual mobil listrik Lexus lebih dulu. Ini alasannya (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

PT Toyota-Astra Motor (TAM) lebih memilih meluncurkan mobil listrik dengan merek mobil mewahnya, Lexus, di Indonesia. Apa sih alasan Toyota meluncurkan mobil listrik Lexus dulu ketimbang merek Toyota sendiri?

Direktur Pemasaran PT TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, alasan menghadirkan mobil listrik merek Lexus duluan adalah karena kesiapan dari konsumennya. Menurutnya, konsumen Lexus dinilai lebih siap menggunakan kendaraan listrik saat ini.

"Karena kan segmen yang sudah siap dan tersedia bisa dibilang premium dulu. Sebab kan mereka punya mobil lebih dari satu ya, jadi masih besar. Penggunaannya masih banyak di premium untuk saat ini," kata Anton ditemui di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week 2022 di JCC, Senayan.

Namun, Anton memastikan tidak menutup kemungkinan segmen menengah seperti konsumen merek Toyota juga mau menggunakan mobil listrik. Kata dia, Toyota sedang melakukan studi terkait mobil listrik merek Toyota.

"Tapi saya rasa sudah ready ya, seperti (Lexus) UX300e itu ya, tiap bulannya mungkin 1-2 unit bisa kita jual. Itu dengan kondisi supply yang relatively sedikit. Tapi sekarang sudah jalan ya, sudah cukup umum di kalangan premium segment," ucap Anton.

Saat ini, merek Toyota sendiri sudah menjajakan beberapa mobil hybrid. Bahkan, Toyota menyediakan Prius Plug-in Electric Vehicle (PHEV) untuk konsumen fleet.

"BEV (mobil listrik berbasis baterai merek Toyota) on going, kita masih studi. Dan kita juga lagi request consider untuk introduce di Indonesia juga," sebut Anton.

Dia juga memastikan bahwa Toyota akan memproduksi mobil hybrid di Indonesia tahun ini. Anton sendiri tidak menyebut mobil hybrid apa yang akan diproduksi di Indonesia tahun ini. Namun dari kabar yang beredar dan sempat disebutkan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Toyota akan memproduksi Innova Hybrid tahun ini.

"Pasti (akan bergerak full electric untuk produksi lokal). Yang sudah dapat signal positif kan hybrid dulu ya. Ke depannya kita akan lihat terus tren dari demand konsumen, tren dari teknologinya sendiri. Jadi tidak menutup kemungkinan, tapi yang sudah pasti hybrid dulu," ucap Anton.



Simak Video "Innova Listrik atau bZ4X, Mobil Listrik Toyota Apa yang Akan Datang Tahun Ini?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT