Satu Lagi Mobil China Daftarkan Paten Mobil di Indonesia, Gagah Banget

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 10 Mar 2022 13:18 WIB
Great Wall Motor patenkan desain pikap double cabin di Indonesia
Great Wall Motor patenkan desain pikap double cabin di Indonesia (Pangkalan Data Kekayaan Intelektual)
Jakarta -

Indonesia tampaknya akan kedatangan pendatang baru lagi dari pabrikan mobil China. Kali ini, pabrikan mobil asal China, Great Wall Motor (GWM) kembali mendaftarkan paten desain mobil di Indonesia.

Paten desain mobil GWM itu terdaftar dalam Berita Resmi Desain Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor permohonan A00202200149. Desain mobil yang didaftarkan Great Wall Motor itu adalah mobil pikap kabin ganda atau double cabin.

Dari gambar patennya, terlihat mobil pikap double cabin Great Wall Motor itu sangat gagah. Tampaknya mobil ini siap digunakan untuk blusukan ke medan offroad.

Secara global, Great Wall Motors memang memiliki line up mobil pikap double cabin. Namanya 'Poer'. Nama ini terinspirasi dari karakter Cina "炮" (Pao), mewakili energi yang meledak dalam konsep Great Wall Pickup yaitu Power, Peak and Perfect dengan pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan dalam kondisi apa pun.

Untuk model globalnya, Great Wall Poer ditawarkan dengan pilihan mesin diesel dan mesin bensin. Untuk mesin diesel tenaganya mencapai 120 kW pada 3.600 rpm dengan torsi maksimal 400 Nm pada 1.500-2.500 rpm. Ada juga pilihan mesin diesel dengan tenaga 140 kW pada 4.000-5.500 rpm dan torsi maksimal 360 Nm pada 1.800-3.600 rpm. Mesin dihubungkan dengan transmisi otomatis ZF 8 percepatan.

Dalam informasi yang tertera pada Pangkalan Data Kekayaan Intelektual, desain mobil ini didaftarkan atas nama Great Wall Motor Company Limited. Pendesain mobil ini terdata ada 9 orang dengan kewarganegaraan China.

Ini bukan mobil pertama Great Wall Motor yang didaftarkan di Indonesia. Sebelumnya Great Wall Motor juga mendaftarkan mobil bergaya sedan. Dari paten yang terungkap Great Wall menyiapkan mobil sedan ala retro. Terlihat dari empat lampu depan yang berbentuk bulat, ditambah dengan body dengan tarikan garis berbentuk kotak.

Ada juga mobil SUV ala jip yang didaftarkan Great Wall Motor di Indonesia. Dari gambar paten tersebut, kemungkinan mobil yang didaftarkan ke Indonesia tersebut adalah sebuah SUV GWM Cyber Tank 300. Mobil ini sudah diluncurkan di China dengan jumlah produksi yang terbatas. GWM Cyber Tank 300 yang desainnya terdaftar di Indonesia ini memiliki bentuk kotak. Aura mobil offroad sangat kental pada mobil bergaya jip ini.



Simak Video "Tes Isuzu D-Max 1.9: Ternyata Mobil Tambang juga Asyik Diajak Roadtrip!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)