ADVERTISEMENT

Dicari di Internet, Mobil Listrik Sampai Motor Chopper Bikin Penasaran

Tim detikcom - detikOto
Senin, 28 Feb 2022 07:39 WIB
PLN Resmikan SPKLU di Indonesia Timur
Mobil listrik dan motor chopper bikin penasaran orang Indonesia. Dua kata kunci itu banyak ditelusuri selama 2021. Foto: Dok. PLN
Jakarta -

Orang Indonesia semakin penasaran dengan mobil listrik. Buktinya, pencarian terkait mobil listrik semakin meningkat di tahun 2021 lalu. Hal itu berdasarkan data Google Year in Search 2021.

Ada pertumbuhan minat, rasa ingin tahu, dan kesadaran tentang kendaraan ramah lingkungan. Minat penelusuran untuk "electric car" tumbuh 54%, melampaui peningkatan 33% pada 2020. Pengemudi di Indonesia juga tertarik mencari informasi tentang dampak mereka terhadap lingkungan, dengan minat penelusuran untuk "emisi mobil" tumbuh 85%.

Pada saat yang sama, orang Indonesia juga terus mencari opsi perjalanan yang dapat memenuhi kebutuhannya, baik untuk bertualang bersama teman-teman atau sekadar bepergian untuk beraktivitas bersama keluarga. Dengan semakin banyaknya orang yang menyukai aktivitas luar ruangan, minat penelusuran untuk "all-train vehicle" meningkat 40%. Minat penelusuran untuk "mobil atap terbuka" juga meningkat dua kali lipat karena konsumen ingin merasakan kemewahan.

Sementara untuk sepeda motor, orang Indonesia dibikin penasaran dengan motor chopper. Tercatat ada peningkatan pada minat penelusuran terkait "motor chopper" sebesar 112%. Sementara pencarian "motor keluarga" meningkat sebesar 32%, dan "motor touring" sebesar 21%.

Kata kunci "Sunmori", singkatan dari Sunday morning ride, juga mengalami pertumbuhan minat penelusuran sebesar 88%. Istilah ini digunakan oleh komunitas sepeda motor yang senang berkendara bersama di hari Minggu pagi.

Google menyarankan, mengingat semakin tingginya minat dan rasa ingin tahu masyarakat, perusahaan otomotif dinilai perlu mengikuti tren dan preferensi konsumen.

"Kesadaran masyarakat terhadap keberlanjutan sedang berada di titik tertinggi sepanjang masa, dan hal ini mempengaruhi perilaku pembelian. Brand perlu merefleksikan hal ini dalam produk mereka serta melakukan penyesuaian yang diperlukan agar lebih ramah lingkungan," sebut Google Indonesia.

Selain itu, perlu juga mewujudkan kemudahan dalam menemukan dan menghubungi secara online.

"Pastikan situs web dan halaman Google untuk brand Anda menyertakan informasi terbaru (seperti alamat, nomor telepon, dan jam buka). Tambahkan ekstensi lokasi ke profil Google Anda agar calon pelanggan terdekat mudah menemukan bisnis Anda," ujar Google.

Perlu juga mendigitalkan dealer. Konsumen masa kini rutin berinteraksi dengan poin kontak digital. Jadi, meskipun sebagian besar bisnis bersifat offline, sangat penting untuk menghadirkannya ke ranah online.

"Untuk benar-benar mempersonalisasi pengalaman pelanggan, pastikan Anda memberikan fitur selain pemesanan online. Misalnya, Anda bisa memberikan layanan konsultasi virtual, pinjaman online, asuransi online, atau layanan purnajual online untuk melayani orang-orang yang ingin di rumah saja," katanya.



Simak Video "Masyarakat Makin Peduli Lingkungan, Pencarian Mobil Listrik di Google Naik"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT