Cerita Atenx Katros Garage Modifikasi Motor Jokowi: Butuh 3 Bulan, Ada Makna Tersembunyi

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 13 Nov 2021 15:28 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo menjajal Sirkuit Mandalika pada Jumat (12/11/2021). Jokowi mengendarai Kawasaki W175 hasil kustomisasi Katros Garage mencicipi aspal lintasan baru tersebut. Menyimak motor yang ditunggangi Jokowi, konsep apa yang sebenarnya coba dikembangkan oleh Katros Garage pada motor berkelir hijau tersebut?

Bengkel motor Katros Garage yang terletak di Ciputat, Tangerang Selatan, mengungkapkan bahwa tampilan baru pada motor yang dipakai Jokowi tersebut mengusung gaya "Chopper Racer."

Andi Akbar selaku modifikator dari Katros Garage mengatakan, gaya unik sepeda motor yang dikendarai Jokowi di Sirkuit Mandalika merupakan penyatuan dari dua aliran gaya kustom motor. Pilihan gaya tersebut merupakan yang populer di Indonesia saat ini, yaitu Cafe Racer dan Chopper.

"Perubahan ini merupakan salah satu komitmen kami untuk terus berkreasi sebagai anak muda Indonesia. Dengan tampilan yang baru ini, semoga dapat semakin menggairahkan lagi skena motor custom di Indonesia," kata Andi dalam siaran pers.

Jokowi Jajal Sirkuit MandalikaJokowi Jajal Sirkuit Mandalika Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Pria yang akrab disapa Atenx ini menjelaskan berbagai perubahan pada sepeda motor kustom Jokowi. Dijelaskannya, basis dari Kawasaki W175 tersebut kini hadir dengan tampilan bodi baru yang memiliki karakter classic racing style.

Sepeda motor kustom tersebut hadir dengan tampilan half fairing khas café racer yang memiliki desain membulat. Selain itu, penambahan hornet pada area belakang dan penambahan cover pada bagian bawah mesin semakin mempertegas nuansa classic racing style.

Perubahan tersebut juga dipadukan dengan kelir hijau metallic (Royal Top Green) dengan grafis khas motor balap, serta terdapat motif Batik Mega Mendung di sisi samping bagian fairing. Kini wujud motor berkapasitas 175 cc tersebut semakin gahar.

Motor kustom tersebut dibuat mengandalkan basis sebelumnya yakni bergaya Bobber. Dengan basis tersebut, tim Katros Garage melakukan penambahan di bagian fairing depan, bodi belakang, dan cover mesin bawah.

Sementara pada bagian sektor tangki dan cover bodi samping, Katros Garage tetap mengandalkan komponen yang sudah ada. Motor kustom ini diberikan sejumlah sentuhan menarik, seperti emblem tangki yang diganti dengan tulisan JOKOWI berlatar motif bendera finis, serta tulisan RI 1 pada bagian sisi bodinya.

Lalu, desain cat pada bagian bodi belakang sepeda motor juga dibuat menyerupai nomor start motor balap serta hadirnya tulisan RI 1. Tak hanya itu, tim Katros Garage juga memasang grip gas terbaru bernama Indonesia Satu.

Presiden Joko Widodo menjajal Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Jumat (12/11), sebelum gelaran World Superbike. Arsip Foto Biro SetpresPresiden Joko Widodo menjajal Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Jumat (12/11), sebelum gelaran World Superbike. Arsip Foto Biro Setpres Foto: arsip foto Biro Setpres

Pemasangan grip gas ini merupakan hasil kolaborasi antara Katros Garage dengan Hayaidesu Indonesia. Pada grip gas tersebut terdapat ukuran batik keris, anyaman bambu, dan peta Indonesia.

"Grip gas itu kami buat dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober lalu. Misi utamanya adalah untuk menyemangati pemuda Indonesia untuk tetap bersatu walau dalam situasi yang sulit sekalipun," jelas Atenx.

[Halaman Selanjutnya: Modifikasi Motor Jokowi Butuh Waktu 3 Bulan]