Renault Rilis Teaser Mobil Konsep Bertenaga Hidrogen

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 25 Feb 2022 19:43 WIB
Teaser mobil konsep Renault berbahan bakar hidrogen
Foto: Dok. Renault. Teaser mobil konsep Renault berbahan bakar hidrogen.
Jakarta -

Untuk pertama kalinya Renault merilis teaser mobil konsep bertenaga hidrogen. Mobil hidrogen Renault ini menjadi komitmen pabrikan asal Prancis dalam mendukung strategi pembangunan berkelanjutan, ramah lingkungan, dan inklusif.

Mobil hidrogen memang belum cukup populer di industri otomotif. Toyota jadi pabrikan yang paling getol mengembangkan mobil dengan tenaga hidrogen. Mobil hidrogen Toyota Mirai sudah dijual secara umum, dan baru-baru ini Toyota juga mengembangkan GR Yaris hidrogen dan Corolla Sport hidrogen.

Tak ingin tertinggal dari pabrikan Jepang, produsen otomotif asal Prancis, Renault, juga siap memperkenalkan mobil hidrogen pertamanya. Teaser mobil tersebut sudah dirilis secara resmi oleh Renault, dengan memperlihatkan tampilan depannya.

Dari siluet yang beredar, calon mobil hidrogen Renault ini bentuknya mirip sebuah SUV, dengan ciri khas kap mesin yang berotot dan dibekali over fender. Tampak mobil ini memiliki lampur DRL dengan 4 titik LED di masing-masing lampu dan di bawahnya terdapat lampu utama. Mobil ini juga sudah memakai logo terbaru Renault.

Belum ada informasi lebih rinci mengenai calon mobil hidrogen itu. Tapi yang pasti, mobil ini dirancang langsung di bawah arahan Direktur Desain Renault, Gilles Vidal. Mobil konsep ini merupakan bagian dari tujuan perusahaan yang baru-baru ini mengumumkan target mencapai campuran energi listrik 100% pada tahun 2030.

Sebagai informasi, hidrogen terbakar lebih cepat daripada bensin dan menghasilkan respons yang baik sekaligus memberikan efek terhadap lingkungan yang sangat baik. Selain bersih, pembakaran hidrogen juga menawarkan pengalaman berkendara dengan sensasi seperti mengendarai mesin pembakaran internal (mesin bensin dan mesin diesel).

(lua/din)