Jadi Mobil Hybrid, Nissan X-Trail Bakal 'Disetrum' e-Power

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sabtu, 29 Jan 2022 15:03 WIB
Nissan X-Trail 1.5 Turbo di China
Nissan X-Trail (Dok. Nissan)
Jakarta -

Nissan menunjukkan komitmennya untuk menghadirkan kendaraan ramah lingkungan. Sebagai bagian dari rencana menghadirkan kendaraan ramah lingkungan, 23 mobil elektrifikasi Nissan akan diperkenalkan sampai 2030, termasuk 15 kendaraan listrik murni berbasis baterai. Salah satunya Nissan X-Trail.

Nissan juga akan 'menyetrum' mobil-mobil yang dijual saat ini. Termasuk Nissan X-Trail yang disebut akan disematkan teknologi e-Power.

Hal ini secara resmi dikonfirmasi oleh Nissan ketika mereka mengumumkan bahwa anggota Aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi akan berbagi 80% platform kendaraan pada tahun 2030.

Nissan menyebutkan bahwa sistem e-Power X-Trail akan mirip dengan Nissan Qashqai. Kemungkinan Nissan X-Trail ini akan mengusung mesin 1.5 liter dengan teknologi e-Power.

Pada Nissan Qashqai, mesin 1,5 liter menghasilkan tenaga 187 PS dan torsi 330 Nm. Sistem e-Power pada Nissan X-Trail menggunakan mesin bensin sebagai generator penghasil tenaga listrik. Sementara motor listriknya akan menggerakkan roda.

Penggerak roda depan kemungkinan besar akan datang sebagai standar, sementara opsi penggerak semua roda bisa tersedia.

Bagi Nissan, sistem e-Power membuat konsumen yang ingin mobil listrik tak perlu cemas terhadap daya jangkaunya. Dengan mesin 1.5 liter bertenaga bensin yang berfungsi sebagai generator, pengemudi cukup pergi ke SPBU dan mengisi bensin tanpa harus repot mencari charging station yang jumlahnya belum sebanyak SPBU.

Eropa kemungkinan menjadi pasar pertama yang menerima Nissan X-Trail e-Power. Akankah masuk Indonesia?



Simak Video "Harganya Rp 200 Jutaan! Ini Wujud Mobil Listrik Baru Nissan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)