Sony Goda APM dan Perusahaan Teknologi Garap Mobil Listrik

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 22 Jan 2022 18:23 WIB
The Sony Vision-S 02 electric SUV is debuted during the Sony news conference at the CES tech show, Tuesday, Jan. 4, 2022, in Las Vegas. (AP Photo/Joe Buglewicz)
Mobil listrik Sony Vision-S 02 Foto: AP/Joe Buglewicz
Jakarta -

Sony tampaknya semakin serius untuk terjun ke industri kendaraan listrik. Setelah beberapa waktu lalu resmi memperkenalkan prototipe SUV listrik terbarunya, kini Sony berusaha menjalin kerja sama dengan Agen Pemegang Merek (APM) dan sejumlah perusahaan teknologi untuk menggarap mobil EV.

Dilansir dari Carscoops, Sony sedang mencari perusahaan yang dapat membantunya dalam memproduksi mobil listrik. Perusahaan teknologi asal Jepang itu rencananya mulai serius mengembangkan mobil EV pada musim semi 2022 mendatang.

Senior Manager Sony Corporation Izumi Kawanishi mengatakan, transformasi yang terjadi pada mobil listrik saat ini mirip dengan yang terjadi pada perubahan handphone. Yang awalnya merupakan ponsel biasa kini sudah berubah menjadi smartphone dengan teknologi canggih.

"Kami melihat jika risiko dari mobil listrik jauh lebih besar dari tantangan yang ditimbulkannya," kata Izumi Kawanishi.

Belum diketahui secara pasti APM apa yang akan bergabung dalam menciptakan mobil listrik bersama Sony. Namun sejauh ini raksasa teknologi seperti Bosch, Almotive, hingga Valeo telah membantu merancang dan mengembangkan kendaraan listrik Sony.

SUV listrik Sony Vision-S 02SUV listrik Sony Vision-S 02 Foto: SONY

Sebelumnya, Sony telah meluncurkan mobil listrik konsep Vision-S 02 pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2022 di Las Vegas, Amerika Serikat. SUV listrik itu akan menemani sedan listrik Sony Vision-S 01 yang juga telah diperkenalkan.

Membahas soal tampilan, Vision-S 02 mengadopsi bentuk kompak, sepintas menyerupai Tesla Model Y. Bagian fascia-nya mirip model Vision S-01, dengan ciri khas lampu depan LED yang dihubungkan lightbar di kap mesin. Berbeda dengan velg Vision-S 01, model 02 menggunakan velg 20 inci.

Bicara performa, mobil ini didukung sepasang motor listrik, satu di setiap poros, masing-masing menghasilkan 200 kW (268 tenaga kuda), dengan sistem penggerak all wheel drive (semua roda). Belum ada informasi spesifik seputar spek baterai atau daya tempuh, tetapi Sony mengklaim kecepatan tertinggi mobil ini bisa mencapai lebih dari 180 km/jam.

Dalam mempercepat pengembangan mobil listrik, Sony juga mengumumkan bahwa mereka akan mendirikan perusahaan baru bernama Sony Mobility Inc. Dengan berdirinya perusahaan baru tersebut, diharapkan Sony lebih siap terjun ke industri kendaraan ramah lingkungan.



Simak Video "Volvo Mulai Uji Coba Cas Mobil Listrik Tanpa Kabel"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)