Yang Kaya Makin Kaya, Penjualan Mobil Sultan dengan Harga Selangit Naik Drastis

ADVERTISEMENT

Yang Kaya Makin Kaya, Penjualan Mobil Sultan dengan Harga Selangit Naik Drastis

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 21 Jan 2022 16:13 WIB
Bugatti Chiron Super Sport 300+
Bugatti Chiron Super Sport 300+ Foto: Bugatti
Jakarta -

Meski pandemi COVID-19 menjadi momok masyarakat dunia selama 2 tahun terakhir, hal tersebut tidak berpengaruh pada penjualan mobil mewah di dunia. Buktinya penjualan mobil mewah di dunia meningkat drastis pada 2021.

Seperti diberitakan carsguide, terdapat fakta cukup mengejutkan di mana pasar mobil mewah dan sport global mengalami peningkatan drastis meski dunia tengah dihantam pandemi dalam dua tahun ke belakang. Sebut saja seperti Bugatti, Rolls-Royce, Lamborghini, Aston Martin, Bentley dan Porsche yang mencatat rekor penjualan global.

Ini jadi kabar yang cukup mengejutkan karena di saat bersamaan dunia juga dihantam kelangkaan chip semikonduktor. Banyak negara dan banyak produsen terdampak krisis semikonduktor ini, di mana proses poduksi mobil sampai terhambat dan bahkan ada pabrik yang tutup sementara.

Salah satu yang cuan besar adalah Bugatti, yang dikatakan menjual sebanyak 150 mobil pada 2021. Angka tersebut atau naik sebesar 95 persen dibanding 2020, dan bahkan melampaui rekor mereka pada .Chiron menjadi pahlawan penjualan Bugatti.

Lari ke pabrikan Inggris Aston Martin, mobil yang juga punya banderol tidak murah ini cukup mengejutkan dengan mampu terjual 6.182 unit atau naik sekitar 82 persen pada 2021 dibandingkan 2020, dengan penjualan terbanyak diraih oleh Aston Martin DBX.

Aston Martin Vantage F1 EditionAston Martin Vantage F1 Edition Foto: Dok. Aston Martin

Begitu juga dengan penjualan Rolls-Royce yang melonjak pada 2021. Mobil para miliarder ini juga mengalami peningkatan penjualan yang sangat signifikan mencapai 5.586 unit atau naik 49 persen. Dengan penjualan terbanyak di kuasai Ghost dan Cullinan.

Bentley juga mengukuhkan penjualan yang luar biasa, dikatakan Bentley berhasil menjual 14.659 unit atau mengalami peningkatan hingga 31 persen dibanding 2020, dengan Bentayga yang menjadi model paling laris.

Lamborghini juga tidak bisa dipandang sebelah mata, mobil asal Italia ini berhasil terjual hingga 8.045 unit -- mengalami peningkatan sampai 13 persen dibanding tahun sebelumnya. Lamborghini Urus dikatakan menjadi model paling laris terjual hingga 5.021 unit, disusul Huracan Sports Car mencapai 2.586 unit, dan Aventador Sports Car mencapai 798 unit.

Porsche juga mengukuhkan penjualan yang luar biasa dengan mampu terjual hingga 301.915 unit atau meningkat sekitar 11 persen. Penjualan terbanyak diraih Porsche Macan mencapai 88.362 unit, Cayenne large SUV mencapai 83.071 unit, Taycan Latge Car 41.296 unit, 911 Sports Car mencapai 38.464 unit, Panamera mencapai 30.220 dan 718 Boxster Cayman mencapai 20.502 unit.

Peningkatan penjualan mobil mewah ini diprediksi terjadi karena orang-orang kaya tidak membelanjakan uangnya untuk berwisata. Ini bisa dimaklumi lantaran banyak negara dan wilayah melakukan penutupan atau pembatasan.

Uang yang tersimpan itu kemudian dialihkan untuk membeli kendaraan eksotis. Di sisi lain, pendapatan orang-orang kaya dunia juga punya kecenderungan bertambah selama pandemi. Demikian dikutip dari carsguide.



Simak Video "Porsche Rilis Mobil Balap Formula E, Siap Main di Ancol Tahun Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT