Honda 'Tendang' Mobilio Demi Muluskan Jalan All New Honda BR-V?

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 12 Jan 2022 16:07 WIB
PT Honda Prospect Motor kembali menggelar acara “Mobilio Joyful Weekend”  dengan menempuh jarak 60 km dari Jakarta ke Taman Budaya Sentul, Bogor.
Honda Mobilio terus menurun penjualnnya (Dok. Honda Prospect Motor)
Jakarta -

Angka penjualan Honda Mobilio menunjukkan tren menurun setiap tahun. Wah, apakah Honda sengaja akan menghentikan laju Honda Mobilio demi memuluskan jalan All New Honda BR-V di Indonesia?

Dalam laporan penjualan mobil yang dirilis Gaikindo, Honda Mobilio terus mengalami penurunan penjualan. Pada 2016 Honda Mobilio berhasil terjual 28.981 unit dengan posisi keempat sebagai mobil paling laris. Pada 2017 Honda Mobilio mencapai penjualan 35.340 unit dengan menduduki posisi ketiga terbanyak di Indonesia.

Memasuki tahun 2018, Honda Mobilio terjual sebanyak 24.373 unit dan berhasil menduduki posisi kelima sebagai mobil terlaris. Lalu pada 2019 Honda Mobilio angka penjualannya kembali menurun menjadi 15.318 unit (posisi kelima). Tren negatif itu berlanjut pada 2020 dan 2021 di mana angka penjualan berturut-turut hanya 5.668 unit dan 4.424 unit.

Penyerahan pertama Honda BR-V ke tangan konsumen di Indonesia.Honda BR-V Foto: doc. Honda Prospect Motor

Penurunan jumlah penjualan Mobilio sejalan dengan data produksi Honda yang hanya memproduksi versi termurah mobil tersebut. Hal ini semakin menegaskan anggapan kalau Honda seakan merelakan untuk melepas segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) di Indonesia. Benarkah begitu?

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy memastikan hal itu tidak benar. Dia memastikan Honda Mobilio masih dalam track jalur produksi dan masih menjadi andalan Honda di Indonesia.

"Honda Mobilio itu kan 7 penumpang, kini kami fokus pada Low Sport Utility Vehicle (LSUV), sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat karena disebabkan infrastruktur dan kebutuhan konsumen. Bagaimana dengan Low Multi Purpose Vehicle (LMPV)? Kami memiliki strategi lain, kenapa sekarang lebih banyak manual (produksi)? Kami memiliki strategi khusus nanti tapi kami akan memberlakukan dengan perkembangan regulasi yang baru untuk strategi kami," ucap lelaki yang kerap disapa Billy.

Billy menambahkan Honda saat ini tengah fokus untuk memperkenalkan LSUV di Indonesia sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

"LMPV ala SUV, pasar LMPV? Hasil study kami LSUV marketnya lebih baik tapi tetap ada LMPV. Kami fokus 7 penumpang LSUV, kami fokus saja dulu ke LSUV. Honda Mobilio bulan Desember mencapai 450 unit, tapi kami tetap memproduksi," ujar Billy.

"Honda Mobilio dinaikkan ground clearance? Kami memiliki strategi sendiri," Billy menambahkan.



Simak Video "Terungkap Alasan Honda Upgrade BR-V Dulu Ketimbang Mobilio"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)