Ford Comeback ke Indonesia Tahun Ini

ADVERTISEMENT

Ford Comeback ke Indonesia Tahun Ini

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 11 Jan 2022 17:36 WIB
Jakarta -

Pabrikan mobil Amerika Serikat, Ford, bakal kembali ke Tanah Air. Ford bakal berada di bawah bendera RMA Group Indonesia.

RMA Group Indonesia sebelumnya memegang kendali untuk layanan aftersales mulai dari servis, spare part, hingga garansi usai Ford Motor Indonesia memutuskan hengkang pada awal tahun 2016. Untuk diketahui, RMA Group Indonesia juga memasarkan merek Mahindra.

"Ford itu akan masuk berjualan kembali di Indonesia. Insya Allah di tahun ini melalui RMA Indonesia," kata Muhammad Irvan Mustafa, Marketing Manager Ford RMA Group Indonesia saat dihubungi detikcom, Selasa (11/1/2022).

Irvan menjelaskan pihaknya sudah menjual Ford Ranger XTL sejak 2018 lalu, namun konsumen yang disasar terbatas, menyasar di segmen fleet seperti di pertambangan dan perkebunan.

Selama ditinggal Ford Motor Indonesia, RMA Indonesia tetap melayani purna jual kepada para pengguna Ford. Kini pabrikan asal AS ini tengah menyiapkan dua model, yakni double cabin dan SUV untuk mulai dipasarkan pada semester 1 tahun 2022, semua modelnya bakal diimpor dari Thailand.

"Masuk di tahun 2022 ini, varian-varian yang akan dijual di Indonesia itu ada Ford Ranger Raptor, Ford Ranger Wildtrak, Ford Everest yang 4x2 dan 4x4, serta Ford Ranger XLT dan XL. Jadi fokusnya memang lebih banyak di segmen SUV dan double cabin," ujar Irvan.

"Kalau tidak ada halangan kita ingin meluncurkannya di semester satu ini, antara Januari, Februari, atau Maret,' tambah dia.

Irvan menjelaskan kembalinya Ford lantaran pecintanya masih banyak. Ia mengungkapkan kalau banyak konsumen loyal dari FMI yang melakukan servis hingga pencarian spare part. Dengan modal tersebut, ia yakin Ford masih mendapatkan tempat di masyarakat Indonesia.

"Ford user di Indonesia pengguna dari ranger dan everest masih banyak dan cukup aktif. Dengan membawa produk yang saya sebutkan di awal itu menjadi sebuah lembaran baru," ujar Irvan.

Mengenai dealer untuk menunjang layanan aftersales, Irvan menjelaskan sudah tersebar dari Sumatera hingga Papua yang tersebar lebih dari 20 titik. Semua informasi mengenai lokasi saat ini tersedia dalam website ford-rma.co.id.

Dengan kembali eksisnya Ford ke Indonesia, Irvan berharap mengembalikan kejayaan merek Ford di Tanah Air, paling tidak memberikan alternatif mobil bagi masyarakat Indonesia.

"Kita senang bisa mulai balik lagi ke Indonesia dengan membawa nama besar Ford, kedua bisa menjadi alternatif pecinta otomotif di Indonesia. Sebenarnya bicara awareness, orang-orang sudah tau sudah lama di Indonesia. Cuma harapan saya ke depannya nanti bisa mendatangkan unit yang tidak fokus kepada double cabin atau SUV. Kita fokusnya di situ dulu, penetrasi marketnya," jelas Irvan.

(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT