MotoGP Mandalika Akan Ditonton Langsung Sekitar 64 Ribu Orang

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 10 Jan 2022 20:15 WIB
Tiket MotoGP Mandalika MyPertamina
MotoGP Mandalika akan digelar Maret 2022. Foto: Pertamina
Jakarta -

MotoGP Mandalika akan digelar pada bulan Maret 2022. Balap MotoGP perdana di Indonesia ini diprediksi akan dihadiri oleh sekitar 64 ribu pengunjung dari seluruh dunia. Bagaimana persiapannya?

Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menggelar tes pramusim MotoGP pada bulan Februari 2022 dan dilanjutkan sesi race pada Maret 2022. Tiket MotoGP Mandalika pun sudah dijual sejak 6 Januari 2022 lalu dengan rentang Rp 115 ribu hingga Rp 15 juta.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto menjelaskan sejauh mana kesiapan Nusa Tenggara Barat dalam menyambut ajang MotoGP 2022. Selain infrastruktur, proses vaksinasi untuk warga juga bakal dikebut.

"Dilaporkan untuk persiapan MotoGP yang akan ditonton mendekati 64 ribu (orang), ini kota-kota di Mataram sudah siap dengan vaksinasi dosis kedua sudah 78%, Lombok Barat sudah 57,9%, Lombok Tengah 61%, Lombok Timur 57%, dan Lombok Utara 69%. Dan diharapkan Januari, Februari, Maret, dosis ketiganya bisa dilaksanakan," kata Airlangga dalam konferensi pers secara virtual, Senin (10/1/2022).

Sirkuit Mandalika sendiri memang belum sempurna untuk menggelar acara sebesar MotoGP. Oleh sebab itu pembangunan infrastruktur dan fasilitas terus dikebut sejak awal tahun 2022 ini.

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) tengah menyiapkan perbaikan akses keluar masuk kendaraan, pedestrian dan saluran drainase di sekitar Sirkuit, penataan landscape serta menyelesaikan pembangunan Pit Building (non modular part).

Untuk menggelar MotoGP, grand stand atau tribun di Sirkuit Mandalika juga akan ditambah di 11 titik yang mengelilingi sirkuit. Penambahan grand stand ini diperlukan sebagai antisipasi jumlah penonton MotoGP yang diperkirakan akan lebih banyak daripada WSBK. Seluruh pekerjaan ini ditargetkan akan selesai pada awal Maret 2022.

(lua/din)