Year in Review 2021

Mau Punya Mobil Tanpa Beli? Ini Caranya

Angga Laraspati - detikOto
Minggu, 09 Jan 2022 13:45 WIB
Salah satu diler mobil Toyota di Indonesia, Auto2000 meresmikan diler di kawasan bintang Jakarta, Jalan Sudirman. Diler ini boleh jadi merupakan yang termewah di Indonesia.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Pandemi membuat banyak orang memilih bepergian menggunakan kendaraan pribadi dan mengurangi naik kendaraan umum. Namun, mereka dihadapkan kesulitan untuk memiliki mobil pribadi.

Menjawab hal tersebut, PT Toyota Astra Motor (TAM) menawarkan program Kinto sebagai solusi buat mereka yang ingin beraktivitas sehari-hari dengan mobil pribadi, tetapi tanpa beli dan tak direpotkan dengan kebutuhan maintenance.

KINTO diluncurkan oleh Toyota pada 2020. Lewat layanan ini, pelanggan akan dapat menggunakan kendaraan secara eksklusif selama 3 tahun. Mereka cukup membayar setiap bulan secara tetap (fixed) dalam jumlah tertentu sesuai dengan paket yang diinginkan.

Setelah menyelesaikan masa yang disepakati, pengguna dapat bebas menyudahi kontrak atau mengganti dengan kendaraan yang baru. Toyota juga mengaku telah melakukan survei internal jauh sebelum layanan Kinto One diluncurkan pada 12 Juni 2020.

Dalam skema perhitungan yang dilakukan untuk leasing Toyota Kijang Innova 2.4G selama 3 tahun. Biaya yang harus dijeluarkan adalah Rp 590 juta yang terdiri dari uang muka 20%, cicilan dan biaya maintenance.

Jika menggunakan Kinto One maka total biaya yang dikeluarkan hanya sebesar Rp 337 juta atau sama dengan 9 jutaan per bulannya.

Selain Kinto One yang merupakan layanan berlangganan mobil baru dengan tenor 3 tahun, Kinto juga memiliki layanan dengan tenor lebih pendek yaitu 1 tahun dengan berlangganan mobil bekas (berumur dibawah 3 tahun) yaitu Kinto One Ekonomis.

Kinto juga memiliki layanan Kinto Syariah untuk memberikan opsi kepada pelanggan yang ingin berlangganan dengan prinsip syariah.

Pelanggan juga dapat menyesuaikan paket berlangganan berdasarkan kebutuhannya dengan memilih paket mulai dari 15 ribu kilometer sampai dengan 40 ribu kilometer per tahun.

Untuk berlangganan KINTO, pelanggan yang tertarik bisa membuka terlebih dahulu website kinto-id.com dan buat akun KINTO. Selanjutnya pelanggan bisa memilih jenis mobil yang ingin disewa dengan pilihan paket yang sesuai.

Selanjutnya pelanggan diminta untuk memasukan data diri mulai dari nama hingga nomor KTP yang nantinya akan dimintai konfirmasi langsung oleh tim dari KINTO. Setelah pemesanan berhasil, lakukan deposit sebesar 1X biaya berlangganan dan upload bukti pembayarannya. Pelanggan pun sudah bisa menentukan kapan mobil yang diinginkannya diantar.



Simak Video "Year In Review 2021: Adaptasi Kebiasaan Baru di Masa Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(akd/din)