Year in Review 2021

Toyota Terbang Makin Tinggi Berkat Inovasi di Tengah Pandemi

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 09 Jan 2022 11:57 WIB
Toyota All New Veloz
Toyota terbang makin tinggi berkat inovasi. Foto: Dok. Toyota-Astra Motor (TAM)
Jakarta -

Tahun 2020 bakal tercatat sebagai salah satu periode kelam dalam industri otomotif Indonesia seiring hantaman pandemi virus corona. Di tengah situasi yang sangat tak menguntungkan, inovasi jadi kunci untuk bisa bertahan.

Toyota Indonesia tahun ini menjadi salah satu entitas bisnis yang bukan hanya sekadar bertahan, tapi menjadi pelopor dalam layanan produk-produk digital.

Sebelum pandemi datang, tak terpikirkan sebelumnya bisa membeli mobil baru secara online. Membeli mobil dengan datang ke dealer menjadi semacam ritual yang wajib dilakukan, yang memunculkan luapan emosi gembira saat melihat, menyentuh, dan kemudian memilih produk yang akan dibeli.

Namun kini semua berubah. Atas nama kesehatan dan keselamatan, membeli mobil harus bisa dilakukan dengan menerapkan standar yang ketat. Dalam situasi seperti itu, jual-beli mobil secara online, yang dilakukan via ujung jari, menjadi solusi. Toyota cepat tanggap dan cekatan menangkap kebutuhan tersebut.

Toyota Virtual ExpoToyota Virtual Expo Foto: Toyota

Tapi transformasi dan digitalisasi yang dilakukan Toyota tak cuma sekadar soal jual-beli mobil. Pabrikan raksasa asal Jepang ini melangkah lebih jauh lagi.

Kebutuhan konsumen untuk bisa mendapat informasi produk dan promosi, melakukan konsultasi, sampai perawatan mobil di rumah dibaca dan kemudian bisa dipenuhi oleh Toyota dengan beragam inovasi digital yang mereka lakukan.

Salah satu program andalan mereka adalah Toyota Live Showroom. Toyota Live Showroom membuat calon pembeli bisa melihat dari dekat produk yang akan dibeli. Bukan cuma sensasi melihat 360 derajat mobil, tapi juga mendapat informasi terkait kendaraan, sampai melakukan konsultasi langsung.

Ketika pameran otomotif di Indonesia terhambat dan kemudian tertunda karena pandemi, Toyota memperkenalkan Toyota Virtual Expo. Ini menjadi cara baru menyaksikan pameran mobil dan melakukan transaksi pembelian secara online, 100% bebas khawatir.

Ada juga program KINTO. Ini bisa dibilang sebagai terobosan paling inovatif yang dilakukan Toyota.

KINTO datang sebagai solusi buat mereka yang ingin beraktivitas sehari-hari naik mobil pribadi tapi tanpa beli dan tak direpotkan dengan kebutuhan maintenance dan lain sebagainya. Apalagi, di tengah pandemi yang tak kunjung usai ini banyak orang memilih berkendara sendiri dibanding menggunakan moda transportasi umum.

Yang juga mendapat sambutan positif adalah EZ Deals Toyota. Penawaran paket-paket pembelian mobil secara kredit yang ditawarkan EZ Deals, dengan durasi lebih panjang, membuka kesempatan para milenials memiliki mobil pertamanya sendiri.

Dengan beragam inovasi digital yang dilakukan tersebut di atas, Toyota berhasil mempertahankan statusnya sebagai market leader di industri otomotif Indonesia pada 2021.

Tahun ini, untuk periode Januari-November, Toyota mengalami peningkatan penjualan hingga 84% dibanding tahun lalu. Angka tersebut lebih besar dibanding tingkat pertumbuhan penjualan nasional yang berada di angka 66,5%.

(lua/riar)