ADVERTISEMENT

Hyundai-Kia Diinvestigasi, Buntut Kasus Mobil Terbakar

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 30 Des 2021 17:12 WIB
Logo Hyundai
Hyundai-Kia diinvestigasi buntut kasus mobil terbakar. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Hyundai dan Kia tengah diinvestigasi terkait kasus mobil terbakar. Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika Serikat (NHTSA) telah meningkatkan penyelidikannya terhadap kebakaran mesin yang melanda beberapa kendaraan Hyundai Motor Co dan Kia Motors Corp.

Dilaporkan Reuters, mobil-mobil Hyundai dan Kia terlibat kebakaran mesin selama lebih dari enam tahun. NHTSA menggelar analisis teknik kepada dua produsen mobil asal Korea tersebut. Tindakan ini untuk meneliti upaya recall Hyundai dan Kia terkait dengan masalah kebakaran mesin yang mempengaruhi beberapa mobilnya.

Laporan tersebut mencatat, NHTSA mendapat laporan 161 kebakaran mesin yang berpotensi terkait dengan masalah ini. Dalam analisis teknik yang dilakukan NHTSA, diperkirakan mempengaruhi sekitar 3 juta unit kendaraan.

Proses ini dapat menghasilkan recall baru, meskipun ada kemungkinan bahwa penyelidikan dapat berakhir tanpa tindakan apa pun. Analisis teknik juga akan melihat proses recall yang dilakukan Hyundai dan Kia.

NHTSA telah membuka penyelidikan pada 2019 yang mencakup Kia Optima dan Sorento 2011-2014 dan Kia Soul 2010-2015, bersama dengan Hyundai Sonata dan Santa Fe 2011-2014. Mobil-mobil itu diselidiki karena kasus kebakaran non-tabrakan.

Hyundai dan Kia mengatakan, mereka terus bekerja sama sepenuhnya dengan NHTSA sehubungan dengan kebakaran mesin non-tabrakan.

Sementara itu, kedua perusahaan Korea Selatan itu telah menyetujui rekor hukuman perdata US$ 210 juta (Rp 2,9 triliun) tahun lalu. Sebabnya, regulator mengatakan mereka gagal me-recall 1,6 juta kendaraan karena masalah mesin secara tepat waktu.

Pada awal 2021, Kia mengumumkan recall yang mempengaruhi hampir 380.000 model karena potensi risiko kebakaran mesin. Perusahaan itu menginstruksikan pemilik untuk memarkir kendaraan mereka di luar jauh dari gedung dan kendaraan lain. Penarikan tersebut berdampak pada SUV Sportage 2017-2021 dan sedan Cadenza 2017-2019.



Simak Video "Makin Dekat dengan RI, KIA EV6 Rilis di Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT