Indonesia vs Thailand Panas di Piala AFF, Sengit Juga di Persaingan Jualan Mobil

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 29 Des 2021 10:49 WIB
Kegiatan ekspor mobil terus dilakukan meski di tengah pandemi COVID-19. Pasalnya, kegiatan ekspor merupakan salah satu pemasukan devisa ke negara.
Penjualan mobil Indonesia ungguli Thailand. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Persaingan Indonesia vs Thailand bukan cuma terjadi di dunia sepak bola. Di industri otomotif, Indonesia dan Thailand juga bersaing dalam hal penjualan mobil.

Tahun 2021 ini, Indonesia telah mengungguli Thailand dari penjualan mobil domestik. Menurut data ASEAN Automotive Federation (AFF), penjualan mobil di Indonesia terbanyak di ASEAN, diikuti oleh Thailand di posisi kedua.

Penjualan mobil di Indonesia dari Januari sampai November 2021 mencatatkan angka 790.524 unit. Angka itu menjadi yang terbanyak di Asia Tenggara.

Sementara penjualan mobil di Thailand mencatatkan angka 668.109 unit. Di Asia Tenggara, penjualan mobil Thailand jadi yang terbanyak kedua setelah Indonesia.

Tahun 2021 ini menjadi momen serangan balik Indonesia terhadap Thailand. Diketahui, tahun 2020 lalu penjualan mobil domestik Indonesia kalah dari Thailand. Itu pun karena pandemi COVID-19 yang melanda.

"Tahun lalu kita sempat tertinggal dibandingkan dengan Thailand. Di mana tahun lalu Thailand penjualannya relatif lebih tinggi ketimbang Indonesia. Thailand mencapai 700 ribu lebih (mobil dalam setahun). Sementara Indonesia di tahun 2020 penjualanya 532 (ribu unit)," kata Kukuh Kumara Sekretaris Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dalam diskusi virtual Forum Wartawan Otomotif (Forwot) belum lama ini.

Kini, penjualan mobil di Indonesia mulai bangkit. Di ASEAN, penjualan mobil Indonesia paling banyak dibanding negara-negara lainnya.

Data AAF mencatat, penjualan mobil Indonesia pada Januari-November 2021 naik 66,5% dibanding periode yang sama tahun lalu. Sementara penjualan mobil Thailand pada Januari-November 2021 malah turun 2,9% dibanding Januari-November 2020.

Namun, kalau dari produksi mobil, Indonesia kalah dari Thailand. Meski penjualan domestik Thailand sedikit, produksi mobil untuk dijual di dalam negeri dan diekspor lebih banyak ketimbang Indonesia.

Sepanjang Januari sampai November 2021, Thailand telah memproduksi mobil sebanyak 1.531.337 unit. Sementara produksi mobil di Indonesia terbanyak kedua di ASEAN. Pada 11 bulan 2021, Indonesia memproduksi mobil sebanyak 1.003.570 unit.



Simak Video "LCGC Kena Pajak 3%, Siap-siap Harga Honda Brio Satya dkk Naik"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)