Indonesia vs Thailand, Gajah Putih Ungguli RI soal Produksi dan Ekspor Mobil

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 29 Des 2021 08:46 WIB
Kegiatan ekspor mobil terus dilakukan meski di tengah pandemi COVID-19. Pasalnya, kegiatan ekspor merupakan salah satu pemasukan devisa ke negara.
Soal produksi dan ekspor mobil, Indonesia kalah dibanding Thailand. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Rivalitas Indonesia vs Thailand tak hanya terjadi di lapangan hijau. Di Asia Tenggara, Indonesia dan Thailand juga bersaing dalam hal industri otomotif. Bertahun-tahun, Indonesia dan Thailand salip-menyalip dalam hal penjualan mobil di Asia Tenggara.

Di tahun 2021, Indonesia mengalahkan Thailand dari segi penjualan mobil. Menurut data Asean Automotive Federation (AFF), penjualan mobil di Indonesia terbanyak di ASEAN yang mencatat angka 790.524 unit dari Januari sampai November 2021. Sementara Thailand di posisi kedua dengan angka 668.109 unit.

Namun, dari sisi produksi mobil, Thailand lebih unggul dibanding Indonesia. Meski penjualan domestik Thailand sedikit, produksi mobil untuk dijual di dalam negeri dan diekspor lebih banyak ketimbang Indonesia.

Sepanjang Januari sampai November 2021, Thailand telah memproduksi mobil sebanyak 1.531.337 unit. Angka itu paling banyak di Asia Tenggara.

Sementara produksi mobil di Indonesia terbanyak kedua di ASEAN. Pada 11 bulan 2021, Indonesia memproduksi mobil sebanyak 1.003.570 unit.

"Kalau dari produksi, kita tertinggal. Karena kita dikalahkan oleh Thailand yang produksinya relatif tinggi. Ini yang menjadi pemicu bagaimana kita bisa bersaing. Karena dari jumlah penduduk kita harusnya lebih tinggi, namun kenyataannya produksi kita kalah dengan Thailand," kata Kukuh Kumara Sekretaris Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dalam diskusi virtual Forum Wartawan Otomotif (Forwot) belum lama ini.

Kukuh mengatakan, selain memenuhi kebutuhan domestik, Thailand juga lebih banyak mengekspor mobil. Lebih dari separuh produk kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang diproduksi Thailand diekspor ke luar negeri.

Tahun ini, dari Januari sampai November 2021, Thailand telah mengekspor mobil buatannya sebanyak 863.228 unit, lebih banyak daripada penjualan domestiknya. Sementara ekspor mobil buatan Indonesia tercatat baru sebanyak 267.224 unit.



Simak Video "Deretan Negara yang Paling Sedikit Memproduksi Mobil, Indonesia Termasuk?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)