Lampu Depan Bermasalah, Jeep Recall Puluhan Ribu Unit Grand Cherokee

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 26 Des 2021 13:16 WIB
Jeep mengadu mobil SUV paling dahsyatnya Grand Cherokee SRT melawan sebuah pesawat akrobatik Silence SA1100 Twister.
Jeep Grand Cherokee. Foto: Jeep
Jakarta -

Produsen otomotif Jeep rencananya akan melakukan penarikan kembali (recall) terhadap puluhan ribu unit Grand Cherokee L yang sudah beredar. Hal ini disebabkan masalah lampu depan yang tidak berfungsi normal.

Dikutip dari Carscoops, Jeep mengungkapkan SUV yang terdampak dari recall tersebut merupakan produksi dari 3 Desember 2020 hingga 21 Juli 2021. Pada tipe Grand Cherokee L memiliki sebuah fitur yakni modul pencahayaan pintar, sehingga lampu depan bisa menyala dalam kondisi tertentu.

Namun, setelah mendapat pembaruan perangkat lunak (software) hal ini menyebabkan gangguan pada fitur tersebut. Alhasil, lampu depan sering berfungsi secara tidak normal.

Mungkin hal tersebut tidak berdampak besar pada performa mesin dari Grand Cherokee L saat di jalan. Namun, fungsi lampu depan yang bermasalah ini sangat berpengaruh pada keselamatan pengemudi, terlebih jika berkendara di malam hari.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Jeep akan melakukan recall sebanyak 36.929 unit Grand Cherokee L di Amerika Serikat. Mobil yang ditarik kembali didominasi model tahun 2021.

Sebenarnya masalah ini telah diketahui oleh tim Divisi Keselamatan Teknis Fiat Chrysler Automobiles sejak 17 November 2021. Namun, baru pada 2 Desember 2021 pihak perusahaan langsung memutuskan untuk menarik kembali puluhan ribu mobil yang terdeteksi bermasalah.

Pabrikan otomotif asal Amerika Serikat itu rencananya akan memberitahu pihak dealer serta pemilik Grand Cherokee L yang terdampak recall pada 28 Januari 2022.

Ini bukan kali pertama Jeep harus melakukan recall di tahun 2021. Sebelumnya pada Oktober lalu, Jeep juga melakukan penarikan kembali terhadap Grand Cherokee L karena fitur lampu jauh otomatis tidak berfungsi. Alhasil, perusahaan harus menarik kembali Grand Cherokee L sebanyak 7.082 unit dari konsumen dan beberapa dealer di Amerika Serikat.

Lalu pada September, Grand Cherokee L juga harus ditarik dari peredaran karena mengalami masalah pada bagian perangkat lunak di audio system. Hal ini menyebabkan Jeep harus menarik kembali 56.180 unit SUV tersebut dari peredaran.

(lua/riar)