Selayaknya Emas, Xenia Lawas Masih Diincar Banyak Orang

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 16 Des 2021 19:29 WIB
tes drive grand new xenia
Daihatsu Xenia lawas masih diburu konsumen. Foto: PT Astra Daihatsu Motor
Jakarta -

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah meluncurkan All New Xenia. Meski All New Xenia telah lahir, konsumen masih banyak yang memburu Xenia lawas.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), mengatakan pada November 2021, penjualan Xenia mencapai 1.555 unit. Namun, penjualan Xenia bulan lalu masih didominasi oleh Daihatsu Xenia lawas.

Dari paparan Hendrayadi, 70% penjualan Xenia bulan lalu didominasi oleh Xenia lawas. Sementara All New Xenia berkontribusi sebanyak 30% atau 468 unit.

"Kok hanya segitu? Ingat bahwa launchingnya baru 11 November di GIIAS, itu pun baru Jakarta. Kita harus distribusi-distribusi dulu. Distrubisi baru sampai di beberapa daerah di akhir November. Bahkan 2 minggu lalu di Palu unitnya baru sampai. Jadi unit-unit ini terdistribusi sebagian-sebagian sehingga November kita baru menjual 468 unit," kata Hendrayadi, Kamis (16/12/2021).

Dia bilang, seperti biasa ketika ada peluncuran mobil baru, mobil lawas pasti masih dicari-cari konsumen. Sebab, biasanya diskonnya tinggi.

"Kalau kata teman-teman kepala-kepala cabang, Xenia lama jadi kayak emas, dicari-cari sama semua orang. Biasa model baru muncul, model lamanya dicari-cari, karena biasanya diskonnya sangat besar," jelas Hendrayadi.

Daihatsu All New Xenia 1.5 R CVT ASA ADSDaihatsu All New Xenia 1.5 R CVT ASA ADS Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Sementara itu, dari segi penjualan Xenia, yang paling laris adalah tipe 1.3 R manual dan CVT. Secara total, kedua tipe itu menyumbang 58% penjualan Xenia baru.

"Model favorit ketiga 1.5 R CVT sebesar 13%. Komposisi mesinnya 1.300 cc 73% dan 1.500 25%. Biasa, kalau launching periode bulan pertama, kedua, ketiga biasanya pembelinya adalah segmen yang sudah ready (secara keuangan)," ujarnya.

Penjualan Daihatsu

Hendrayadi memaparkan, penjualan mobil pada November merupakan rekor tertinggi di tahun ini. Tak cuma market, Daihatsu pun mengalami hal serupa.

"November kita berhasil menjual 14.861 unit retail (penjualan dari dealer ke konsumen). Ini memang rekor di tahun 2021 ini penjualan tertinggi. Mudah-mudahan Desember bisa lebih tinggi lagi. Dari Januari-November grafiknya naik terus. Dan November ini tertinggi. Naik 4% dibandingkan dengan Oktober. Oktober 14.301," rincinya.



Simak Video "Mesin Tiga Silinder Jadi Pilihan Avanza-Xenia Generasi Baru? Ini Kata Daihatsu"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)