Asyik! Daihatsu Pastikan Xenia-Terios Bisa Dapat PPnBM 0% Permanen

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 16 Des 2021 17:23 WIB
Daihatsu All New Xenia 2021 meluncur di GGIAS 2021
Daihatsu All New Xenia 2021. Foto: Daihatsu.
Jakarta -

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan wacana relaksasi PPnBM atau diskon PPnBM 100 persen bakal dipermanenkan. Syaratnya, komponen lokal yang digunakan sebuah mobil minimal harus mencapai 80%.

"Pemerintah sedang mempersiapkannya secara berhati-hati dengan memperhitungkan cost and benefit, serta menyusun time frame-nya," ucap Agus beberapa waktu yang lalu.

Dalam lampiran Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 1737 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor dengan PPNBM DTP, disebutkan komponen lokal pada masing-masing mobil. Ada beberapa mobil populer yang sebelumnya masuk program PPnBM DTP dan berpotensi tidak bisa masuk program pembebasan PPnBM permanen lantaran local purchase-nya tidak sampai 80 persen. Berdasarkan lampiran Kepmenperin tersebut, Daihatsu Xenia dan Daihatsu Terios komponen lokalnya di bawah 80%.

Meski begitu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memastikan Xenia dan Terios bisa mendapatkan PPnBM 0% permanen jika jadi diberlakukan oleh pemerintah. Marketing Director & Corporate Planning and Communication Director ADM, Amelia Tjandra, menegaskan komponen lokal Xenia dan Terios sudah di atas 80%.

"Memang benar dari surat edaran yang keluar, local content Xenia 79,2% di dalam lampiran yang dapat relaksasai ppnbm. Angka itu keluar dari masing-masing APM, jadi semua APM diminta untuk melaporkan berapa local content versi APM dengan hitungan yang diberikan (Kementerian) Perindustrian," kata Amel dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (16/12/2021).

Namun, kata Amel, komponen lokal Xenia dan Terios di bawah 80% yang tertera dalam lampiran Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 1737 Tahun 2021 itu baru bersifat klaim dari pabrikan. Kemudian, dilakukan audit oleh lembaga independen.

"Daihatsu diaudit oleh Surveyor Indonesia. Kami mendapatkan laporan hasil audit untuk PT ADM. Bisa saya katakan, baik Terios atau Xenia semuanya sudah di atas 80%. Berbeda dengan pengakuan. Ini memang Daihatsu suka low profile, ngakunya kecil hasilnya baik. Daripada kita ngaku besar diaudit kecil," ucap Amel.

Soal wacana pemerintah mempermanenkan PPnBM 0%, menurut Amel ini merupakan kabar baik. Daihatsu akan menyambut baik keputusan pemerintah tersebut.

"Kalau teman-teman lihat, jangan lihat data yang beredar sekarang. Tapi nanti pemerintah akan mengeluarkan hasil audit, karena itu sudah dilakukan oleh lembaga independen. Kalau awal memang benar angka itu diberikan oleh kami sebagai APM," ujarnya.



Simak Video "Diskon PPnBM Diperpanjang, Apa Sih Untungnya Buat Negara?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)