Seberapa Laku Xpander Baru? Ini Datanya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 14 Des 2021 14:44 WIB
Jakarta -

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah meluncurkan Xpander versi facelift dengan beragam pembaruan. Seberapa laris Xpander terbaru ini?

Dalam laporan penjualannya, MMKSI menyatakan penjualan mobil Mitsubishi pada November 2021 mencapai 8.784 unit dan pangsa pasar 11,5%. Pada segmen kendaraan penumpang MMKSI mencatat penjualan 5.679 unit, dan di segmen kendaraan niaga ringan MMKSI mencatat penjualan 3.105 unit.

Mitsubishi Xpander (termasuk varian Xpander Cross) mendominasi kontribusi penjualan MMKSI. Mitsubishi Xpander menyumbang lebih dari 49,6% untuk penjualan mobil Mitsubishi bulan lalu.

"Model New Xpander dan New Xpander Cross yang baru saja diluncurkan mendapatkan respon positif pada ajang GIIAS dan penjualan periode November. Hal ini semakin memperkuat posisi model Xpander dan Xpander Cross sebagai model favorit konsumen yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan konsumen Indonesia. Untuk itu kami berkomitmen untuk memenuhi permintaan dan mengirimkan unit pesanan konsumen sebanyak mungkin dalam periode penerapan insentif PPnBM yang berlaku hingga akhir tahun ini," kata Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI dalam siaran persnya.

Diketahui, bulan lalu Xpander facelift meluncur dengan beragam pembaruan. Dari segi eksterior, Xpander facelift kini punya lampu LED T-Shape. Di belakang pun ada lampu LED T-Shape tail light.

Masuk ke kabinnya, ruang interiornya memiliki total 19 ruang penyimpanan. Pembaruan interior pada Xpander antara lain New Horizontal Axis Design Dashboard dengan lapisan material lembut, New Interior Color & Accent, panel AC digital, head unit layar sentuh 8 inchi dengan Smartphone Linked Display Audio (SDA), desain cluster meter baru, desain setir baru dengan Audio Steering & Hands Free Switch, garnish AC belakang, Instrument Panel & Door Trim baru dengan Soft Pad, armrest dengan cup holder belakang, USB Port untuk kursi belakang, Keyless dan Start Stop Button, serta Cruise Control.

Dari sektor keselamatan berkendara, Xpander terbaru dibekali Dual SRS Airbags, struktur RISE body, Seatbelt dengan ELR 3 titik dan ISO-FIX child seating fixing bar, kunci otomatis dengan sensor kecepatan, electric parking brake dengan brake auto hold, ASC, ABS-EBD dengan brake assist, ESS, Hill Start Assist.

Kini, Mitsubishi Xpander hadir dengan transmisi CVT. Mitsubishi mengklaim transmisi CVT pada Xpander menyajikan akselerasi layaknya transmisi AT 8 percepatan.

Transmisi CVT dipadukan dengan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve dengan spesifikasi Euro4, yang menghasilkan output maksimum 105 PS pada 6.000 RPM dengan torsi 141 N.m pada 4.000 RPM.

Selain Xpander, penjualan MMKSI lainnya juga ditopang oleh Mitsubishi L300 dengan kontribusi lebih dari 24,8% dan Mitsubishi Pajero Sport lebih dari 15%.

Pajero Sport meraih sekitar 30% pangsa pasar di segmen Medium SUV 2.500 cc (4x2 dan 4x4), dengan terjual 1.320 unit. L300 mempertahankan posisi pemimpin pasar di segmen Small Pick-Up 4x2 dengan pangsa pasar lebih dari 60%, terjual 2.180 unit. Dan Mitsubishi Triton mempertahankan posisi sebagai pemimpin segmen Pick-Up 4x4 dengan pangsa pasar lebih dari 53%, dan terjual 913 unit.

(rgr/din)