Mitsubishi Xpander Disiksa Pebalap Legenda Paris Dakar, Bagaimana Nasibnya?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 03 Des 2021 17:27 WIB
Mitsubishi Xpander Disiksa Seperti Mobil 4x4
Mitsubishi Xpander Disiksa Seperti Mobil 4x4. Foto: Dok. Mitsubishi
Jakarta -

Legenda Paris Dakar, Hiroshi Masuoka, mencoba 'menyiksa' New Mitsubishi Xpander. Xpander versi facelift itu dites ala mobil offroad 4x4. Meski bukan di medan offroad sesungguhnya, Mitsubishi ingin membuktikan ketangguhan Xpander facelift melalui pengujian ini.

Mitsubishi menampilkan momen Xpander disiksa melalui video berjudul "New Xpander Top Class Stability!" yang diunggah di YouTube. Hiroshi Masuoka mengendarai Xpander facelift tersebut di area test drive yang telah dipersiapkan.

Rintangan pertama, Masuoka mengajak Xpander melewati gundukan setinggi 1 meter. Dengan approach angle yang cukup di bawah bumper depan dan ground clearance di bawah bodi mobil serta departure angle di bawah bumper belakang yang cukup tinggi, Xpander terbaru ini dengan mulus melewati gundukan 1 meter.

Rintangan kedua adalah cambering. Dalam obstacle ini, kondisi mobil dikemudikan miring, bahkan satu ban menggantung tidak menapak ke aspal. Pada permukaan jalan yang sangat tidak stabil, tiga rodanya dengan bisa mencengkeram permukaan.

Mitsubishi Xpander Disiksa Seperti Mobil 4x4Mitsubishi Xpander Disiksa Seperti Mobil 4x4 Foto: Dok. Mitsubishi

Pengujian dilanjutkan ke Mogul Driving. Ini adalah kondisi di mana pengemudi berkendara di atas permukaan yang sangat tidak rata. Ayunan suspensi mobil membuat roda banyak bergerak ke atas dan ke bawah, namun mobil tidak terlalu miring ke kedua sisi. Menurut Masuoka, ini membantu penumpang memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk mabuk kendaraan.

Keempat adalah simulasi mobil terjebak di kondisi jalan yang licin. New Mitsubishi Xpander itu tetap bisa lolos dari kondisi rintangan yang membuat ban depan--sebagai roda penggerak--mengalami selip. Dalam pengujian tersebut, ban depan diposisikan pada roller untuk mendemonstrasikan kendaraan dalam kondisi selip.

"Mobil ini memiliki sebuah mekanisme meloloskan diri pada waktu mobil terjebak, seperti dalam kondisi gundukan atau lumpur dalam. Menggunakan sebuah sistem pengendalian traksi yang secara elektronis menghentikan selip dengan cara menginjak pedal gas, hingga Anda dapat lolos. Fitur yang dapat diandalkan seperti ini menawarkan manfaat yang besar ketika Anda sedang berada dalam situasi serupa," kata Masuoka.

Mitsubishi Xpander Disiksa Seperti Mobil 4x4Mitsubishi Xpander Disiksa Seperti Mobil 4x4 Foto: Dok. Mitsubishi

Terakhir, Mitsubishi Xpander diajak naik ke tanjakan yang curam. Masuoka menyebut, dengan kemiringan tanjakan 30 derajat ban depan tetap mencengkeram permukaan dengan kokoh dan ban pun tidak mengalami selip.

"Secara mudah dapat dijelaskan bahwa New Xpander merupakan sebuah mobil yang dapat dikendarai dengan nyaman dan aman pada berbagai kondisi jalan, dari jalanan aspal yang rata, hingga jalanan dengan permukaan yang kasar. Mobil menawarkan ground clearance yang sangat cukup sehingga Anda dapat berkendara dengan aman tanpa terlalu khawatir tentang permukaan jalan. Dengan tiga baris kursi seluruh keluarga dapat menikmati perjalanan jarak jauh bersama-sama, bahkan dengan kapasitas penuh 7 penumpang. New Xpander memiliki bodi yang solid dengan pengendalian yang luar biasa, dan dapat merespon dengan cepat ketika Anda perlu menghindari rintangan. Dengan diameter shock absorber belakang yang lebih besar, mobil ini memberikan kenyamanan berkendara dengan suspension stroke yang cukup untuk melaju sangat stabil," ucap Masuoka.

[Gambas:Youtube]






Simak Video "Ternyata Ini Sebab Suspensi Xpander Disebut Lebih Nyaman"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)