Mengintip Kuda Jingkrak Roma yang Dibeli Deddy Corbuzier

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 09 Des 2021 20:15 WIB
Penampakan Ferrari Roma
Ferrari Roma Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Ferrari Roma jadi mobil baru yang menghiasi garasi Deddy Corbuzier. Dijual dengan banderol miliaran rupiah, seperti apa spesifikasi dari mobil yang ditawarkan oleh pabrikan berlambang kuda jingkrak ini?

Ferrari Roma pertama kali selubungnya dibuka di Roma, Italia pada 14 November 2021. Roma bukanlah pengganti Portofino, melainkan sebuah mobil Gran Touring yang lain dilahirkan pabrikan yang bermarkas di Maranello.

Dikutip dari Motortrend, basis Ferraro Roma didasarkan pada platform Portofino, tetapi 70 persen baru. Mesin 3.9 liter twin-turbo V-8 di bawah kap Roma dapat ditemukan di lima model Ferrari lainnya, seperti F8 Tributo, F8 Spider, F9 Stradale, Portofino, 488 Pista dan GTC4 Lusso T.

Ferrari Roma masuk dalam keluarga V8 Front Engine. Dari aspek desain, Ferrari Roma memperlihatkan karakternya yang bersih dan simbiotik. Proporsi bentuknya sejalan dengan tradisi grand touring mobil sports Ferrari.

Penampakan Ferrari RomaInterior Ferrari Roma Foto: Grandyos Zafna

Dua lampu depan full LED linier memberikan karakter khas pada bagian depan mobil, dilintasi strip cahaya horizontal yang menghadirkan sensasi tersendiri layaknya pada Ferrari Monza SPs yang ikonik.

Penampakan Ferrari RomaPenampakan Ferrari Roma Foto: Grandyos Zafna

Ferrari mengembangkan beberapa teknologi terdepan, terutama spoiler belakang yang terintegrasi dengan kaca belakang. Fungsinya selain mempertahankan keanggunan mobil, juga menghasilkan downforce untuk kinerja luar biasa dari Ferrari Roma yang secara otomatis akan bekerja di kecepatan tinggi.

Sementara itu untuk bagian kabin Ferrari Roma, perancang di Ferrari Styling Center membuat konsep kokpit ganda. Tidak seperti mobil sport milik "Prancing Horse" lainnya yang biasanya lebih berorientasi pada pengemudi, kabin Ferrari Roma memiliki struktur yang hampir simetris antara ruang. Hal ini bertujuan agar penumpang merasakan pengalaman berkendara yang berbeda layaknya menjadi seorang co-pilot.

Layar instrumennya juga cukup besar berukuran 16 inchi. Pengaturan bisa diatur melalui tombol multifungsi yang terpasang pada area kemudi dengan haptic touch.

Secara dimensi, Ferrari Roma punya panjang 4.656 mm, lebar 1974 mm, dan tinggi 1301 mm. Melihat angka tersebut, mobil ini lebih panjang dan lebar dari Ferrari Portofino.

Kuda Jingkrak 2+ coupe terbaru ini dilengkapi mesin turbo V8. Salah satu mesin V8 yang telah memenangkan penghargaan the International Engine of the Year selama empat tahun berturut-turut itu.

Gearbox dual-clutch 8-speed baru pada mobil ini lebih padat dan 6 kg lebih ringan dibanding pendahulunya yang bertransmisi 7-speed. Di atas kertas, mesin 3.855 cc Ferrari Roma bisa menghasilkan output 620 hp pada 7.500 rpm, dan torsi melimpah 760 Nm pada 3.000 - 5.750 rpm.

Penampakan Ferrari RomaMesin Ferrari Roma Foto: Grandyos Zafna

Untuk menunjang kenyamanan, Ferrari Roma juga dibekali lima mode berkendara Manettino dengan lima pilihan (Wet, Comfort, Sport, Race, ESC Off). Selain itu Ferrari juga menghadirkan teknologi Side Slip Control 6.0 yang pertama untuk model Ferrari GT.

Selanjutnya, Ferrari Roma diselipkan sistem ADAS (SAE Level 1) opsional seperti Adaptive Cruise Control yang dapat diperintahkan langsung dari roda kemudi untuk interaksi yang lebih cepat dan aman. Beberapa fitur keselamatan juga terbenam, di antaranya sistem Autonomous Emergency Braking, Lane Departure warning with Traffic Sign Recognition, Blind Spot Detection with Rear Cross Traffic Alert dan Surround View Camera.

Harga Ferrari Roma diketahui tergantung dari kustomisasi fitur. Namun Deddy sempat menyebut di awal bahwa harga dari mobil mewah itu tembus di angka Rp 10 M.

"Gue beli Ferrari Roma supaya masuk konten Anda doang, jadi masuk ke konten lu bayar Rp 10 M," kelakar Deddy.



Simak Video "Asyiknya Ferrari Roma Dipakai Harian"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)