Suzuki Jimny Bakal Punya 5 Pintu, Lebih Panjang dan Pakai Mesin Hybrid

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 06 Des 2021 12:46 WIB
Rendering Suzuki Jimny 5 pintu oleh Spyder7
Rendering Suzuki Jimny 5 pintu oleh Spyder7. Foto: Spyder7 via Response.
Jakarta -

Suzuki telah meluncurkan Jimny terbaru pada 2018 silam dengan mengusung tiga pintu. Belakangan ini, sejumlah rumor beredar Suzuki siap menghadirkan varian lima pintu yang punya dimensi lebih panjang.

Dikutip dari berbagai sumber, Maruti Suzuki kabarnya akan menghadirkan Jimny lima pintu di India. Nantinya, SUV ini memiliki wheelbase yang lebih panjang jika dibandingkan model tiga pintu.

Jimny dengan tipe tiga pintu saat ini memiliki ukuran panjang 3.625 mm, lebar 1.645 mm, serta tingginya 1.720 mm. Sementara untuk jarak sumbu roda mencapai 2.250 mm.

Sementara untuk versi Jimny lima pintu atau disebut Jimny Long, mendapat peningkatan pada bagian sumbu roda. Kabarnya, Maruti Suzuki akan meningkatkan sumbu roda lebih panjang hingga 300 mm, alhasil hal ini juga berdampak pada dimensi panjangnya.

Dengan begitu, Suzuki Jimny Long ini diprediksi memiliki panjang hingga 3.850 mm serta mempunyai jarak sumbu roda yang mencapai 2.550 mm. Untuk lebar dan tingginya, Suzuki kabarnya tetap mempertahankan spesifikasi yang sama dengan Jimny tiga pintu.

Kabarnya, pabrikan asal Jepang tersebut juga akan mengubah tampilan Jimny lima pintu. Namun, tampaknya Suzuki juga melakukan hal yang sama pada Jimny versi tiga pintu.

Soal kapasitas mesin, Jimny varian lima pintu diprediksi akan mengusung mesin K15B berkapasitas 1,5 L. Terdapat juga teknologi mild hybrid 12V SHVS yang telah digunakan pada sejumlah mobil keluaran Suzuki seperti Vitara Brezza, Ciaz, Ertiga, dan S-Cross.

Dengan spesifikasi tersebut, mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 102 hp serta torsi puncaknya di angka 138 Nm. Jimny versi lima pintu kabarnya akan menggunakan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan serta mengusung All-wheel Drive (AWD).

Karena memiliki dimensi yang berbeda serta mengusung teknologi terbaru pada mesinnya, diprediksi banderol Suzuki Jimny lima pintu akan lebih mahal daripada versi tiga pintu yang sudah dijual di pasaran.

Rumor soal kehadiran Suzuki Jimny lima pintu ini sudah muncul sejak 2019 silam, kemudian kabarnya akan diproduksi secara massal pada akhir 2020 lalu. Sayangnya, sampai saat ini belum ada kabar terbaru dari Maruti Suzuki India mengenai kapan mobil Jimny lima pintu akan segera diluncurkan dan diproduksi.

Sementara itu, Maruti Suzuki kabarnya sudah memproduksi Jimny tiga pintu dengan model setir kiri untuk dikirim ke luar negeri. Lalu untuk Jimny tiga pintu dengan setir kanan yang juga diekspor ke berbagai negara, rumornya akan segera diproduksi di pabrik Maruti Suzuki di India.



Simak Video " Jimny Versi Murah Rilis, Suzuki Jimny Lite"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)