Setelah GR Yaris, Toyota Bakal Luncurkan GR Corolla

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sabtu, 04 Des 2021 11:52 WIB
Toyota GR Corolla bakal meluncur di pasar Amerika Serikat
Toyota GR Corolla akan meluncur di Amerika Serikat (Imstagram @toyotausa)
Jakarta -

Toyota akan kembali memperkenalkan mobil sporty. Setelah punya GR Yaris, kini mereka akan merilis Toyota GR Corolla.

Toyota Amerika Serikat memberikan gambar teaser GR Corolla. Mobil sporty ini hadir dalam bentuk hatchback. GR Corolla ini akan dipasarkan di Amerika Serikat.

Toyota Amerika memang tidak membawa GR Yaris ke Negeri Paman Sam. Toyota di sana lebih memilih GR Corolla ketimbang GR Yaris. Perusahaan itu telah mengkonfirmasi bahwa GR Yaris tidak akan datang di Amerika Serikat, tetapi akan ada hot hatch GR yang tepat untuk Amerika sebagai gantinya.

Dari gambar teaser-nya, hot hatch yang dipercaya jadi calon GR Corolla ini memiliki tampilan yang sporty. Dalam postingannya, Toyota memperlihatkan sebuah hatchback Corolla berkelir biru. Tapi yang bikin salah fokus adalah mobil berkamuflase yang seakan disembunyikan di antara kontainer-kontainer.

Desain kamuflasenya identik dengan yang digunakan untuk GR Yaris sebelumnya, bahkan ada tulisan "GR Four" di mobil tersebut.

Bocoran selanjutnya ada pada tulisan yang tercetak di peti kemas berwarna merah. Di sana ada tulisan NA yang merepresentasikan North America atau Amerika Utara. Selanjutnya ada kode "G16 GR Four" yang sepertinya adalah mesin GR Corolla.

Toyota GR Corolla bakal meluncur di pasar Amerika SerikatToyota GR Corolla bakal meluncur di pasar Amerika Serikat Foto: Imstagram @toyotausa

Kemungkinan mesin yang dimaksud adalah mesin yang sama seperti GR Yaris. Adapun mesin yang dimaksud adalah mesin bensin berkode G16E-GTS 1.6 liter turbocharged tiga silinder. Juga diprediksi ada sistem penggerak semua roda (all wheel drive) GR Four.

Berdasarkan teaser sebelumnya, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 268 daya kuda. Itu merupakan angka yang sama dengan GR Yaris spek Jepang. Tidak ada petunjuk tentang transmisi apa yang akan digunakan. Namun diperkirakan transmisi manual enam kecepatan menjadi satu-satunya pilihan.

Sementara itu, untuk pasar Indonesia Toyota sudah meluncurkan GR Yaris. Dari semua supply GR Yaris yang masuk ke Indonesia seluruhnya sudah laris terjual. Karena unit yang terbatas, pembelian mobil ini dilakukan lewat sistem undian. GR Yaris di Indonesia dijual dengan harga Rp 850 juta.



Simak Video "Toyota Pikat Pengunjung GIIAS 2021 Dengan Mobil Terbarunya!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)