Toyota GR Yaris Dijual Rp 850 Jutaan, Siapa Saja Sih Pembelinya di Indonesia?

Yudistira Imandiar - detikOto
Jumat, 19 Nov 2021 13:46 WIB
Toyota GR Yaris
Toyota GR Yaris dijual di Indonesia dalam jumlah sangat terbatas namun peminatnya banyak sekali (Yudistira Imandiar/detikcom)
Jakarta -

Sosok mobil sport GR Yaris mejeng di booth PT Toyota Astra Motor (TAM) di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Dengan banderol harga Rp 850 jutaan, siapa sih pangsa pasar mobil ini?

Dari semua supply GR Yaris yang masuk ke Indonesia seluruhnya sudah laris terjual. Karena unit yang terbatas, pembelian mobil ini dilakukan lewat sistem undian.

Head of Media Relations PT TAM Dimas Aska menerangkan GR Yaris merupakan produk besutan TOYOTA GAZOO Racing kedua yang tersedia di Indonesia, setelah GR Supra. Toyota GR Yaris, kata Dimas, merupakan produk yang benar-benar eksklusif karena hanya diproduksi 25 ribu unit secara global.

Dimas menyatakan TAM membuka kesempatan bagi siapa saja untuk memesan mobil eksklusif tersebut. Hanya saja, karena stok yang terbatas, hanya konsumen beruntung yang terpilih dalam undian yang dapat memboyong hot hatch yang fenomenal itu.

Lantas, seperti apa sih profil orang-orang yang membeli GR Yaris?

"Yang beli ini pertama orang-orang yang memang mengerti mobil, car enthusiast. Selanjutnya memang para kolektor yang berburu mobil ini," jelas Dimas kepada detikcom, Rabu (17/11/2021).

Menurut Dimas, para pembeli kemungkinan besar tidak akan menjual lagi GR Yaris yang telah dibeli. Sebab, sekalipun nanti harganya meroket, mobil ini akan sulit untuk didapatkan kembali.

Serah terima Toyota GR Yaris ke tangan konsumen di GIIAS 2021.Serah terima Toyota GR Yaris ke tangan konsumen di GIIAS 2021. Foto: dok. Toyota Astra Motor

"Sepertinya nggak sih ya kalau dijual lagi. Ya kalau harganya mahal, tapi kan mereka nggak bisa dapat lagi seumur hidupnya," cetus Dimas.

Sementara itu, berdasarkan keterangan Toyota, GR Yaris dikemas dengan fokus pada aerodinamika, bobot yang ringan, dan center of gravity yang rendah dengan pemanfaatan bahan carbon fiber reinforced polymer pada atap GR Yaris. GR Yaris dipersenjatai mesin berkapasitas 1.600 cc 3 silinder turbocharger berkode G16E-GTS disertai penggerak 4 roda (full time 4WD) berkode 'GR-FOUR', diklaim memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan, serta beradaptasi dengan berbagai gaya mengemudi di berbagai kondisi jalan dengan mudah.

Kehadiran GR Yaris di Indonesia juga dilengkapi dengan layanan aftersales melalui program Gratis Biaya Servis Berkala (biaya jasa dan suku cadang) hingga servis berkala ke-6 (maksimal 4 tahun/ 50,000 KM mana yang tercapai lebih dahulu). Benefit program ini dapat dinikmati di seluruh jaringan outlet resmi Toyota di Indonesia.

Selain itu, PT TAM memasarkan aksesori resmi GR Yaris, terdiri dari GR front spoiler, GR side skirts, GR body stripe, GR discharge sticker. Kemudian ada, GR rear spoiler extension, GR sport muffler, GR rear bumper spoiler, GR door handle protection, dan GR interior panel.

Toyota GR YarisToyota GR Yaris Foto: Dok. Toyota Astra Motor (TAM)

Toyota GR Yaris bisa dilihat di booth Toyota di GIIAS 2021. Toyota juga menampilkan jajaran produk lengkapnya, termasuk dua produk terbaru, All New Avanza, dan All New Veloz. Ada pula mobil-mobil elektrifikasi andalan Toyota, seperti Camry Hybrid, Corolla Cross Hybrid, C-HR Hybrid dan lainnya.

"Di GIIAS kali ini agak sedikit berbeda, karena bersamaan dengan perayaan 50 tahun Toyota di Indonesia. Untuk itu booth di GIIAS kita ada suasana ulang tahunnya. Tapi yang paling penting adalah semua pengunjung yang datang ke GIIAS bisa melihat produk Toyota yang lengkap," tutur Dimas.



Simak Video "Toyota Pikat Pengunjung GIIAS 2021 Dengan Mobil Terbarunya!"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)