Akhirnya Suzuki Ikut Produksi Mobil Listrik: Meluncur 2025, Harga Rp 127 Juta

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 29 Nov 2021 19:49 WIB
Logo Suzuki
Mobil listrik Suzuki akan meluncur pada 2025 (Dadan Kuswaraharja/detikoto)
Jakarta -

Produsen otomotif Suzuki berencana memproduksi mobil listrik dalam waktu dekat. Meski begitu, Suzuki masih butuh waktu untuk mengembangkan teknologi listrik dan diprediksi baru meluncur pada 2025 mendatang.

Dikutip dari Nikkei, Suzuki akan menghadirkan mobil listrik mungil sekitar empat tahun lagi. Selain itu, mereka juga akan menjual mobil EV-nya dengan harga murah sekitar 1 juta yen atau setara Rp 127 juta saja.

Kabarnya, harga mobil listrik tersebut bisa murah karena mendapat bantuan subsidi dari pemerintah Jepang.

Tidak hanya dijual di Negara Matahari Terbit, Suzuki juga berencana untuk menjual mobil listriknya di India. Namun, mereka belum mengumumkan kapan mobil EV-nya bakal meluncur di jalanan India.

"Jika Anda menawarkan produk kepada pelanggan kei car (mobil kecil), penting untuk dijual dengan produk yang harganya berkisar antara 1 juta yen," kata Presiden Toshihiro Suzuki saat peluncuran SUV terbaru Suzuki, S-Cross beberapa waktu lalu.

Hadirnya mobil listrik oleh Suzuki memang terbilang lambat dibanding sejumlah pesaingnya seperti Toyota. Bahkan, perusahaan asal Jepang lainnya seperti Nissan Motor dan Mitsubishi Motor telah berencana meluncurkan mobil listrik serupa pada tahun depan.

"Saya tidak menyangkal bahwa kami tertinggal dari para pesaing, akan tetapi pengembangan infrastruktur dan pembuatan produk yang dapat diterima oleh pelanggan juga diperlukan," lanjut Presiden Suzuki itu.

Melihat pergerakan produsen otomotif asal China yang sudah menjual mobil listrik dengan harga murah, Toshihiro tetap optimis dan yakin mobil listrik Suzuki bisa bersaing dalam hal kualitas, meski harganya sedikit lebih mahal.

"Kami masih belum yakin apakah mereka (produsen otomotif China) akan mengambil alih pasar. Berdasarkan keandalan baterai dan faktor lainnya, saya tidak berpikir jika mobilnya dapat dikendarai di Jepang seperti sekarang," ujarnya.

Saat ini Suzuki telah menghadirkan beberapa mobil yang menggunakan hybrid dan Plug-in Hybrid. Mulai dari Suzuki Swace yang menggunakan hybrid dengan kapasitas mesin 1.8 L, lalu ada juga Suzuki Across yang mengusung Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Paling baru, Suzuki telah meluncurkan All-new S-Cross yang juga ditenagai hybrid. Mobil ini dijual mulai dari 24.999 poundsterling atau sekitar Rp 457 juta.



Simak Video "Irit Banget! Skutik Baru Suzuki Ini Tembus 100 km/liter"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)