BRIN Gelar Pameran Kendaraan Listrik, Ada Seminar hingga Test Drive

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 24 Nov 2021 10:46 WIB
Indonesia Electric Motor Show 2021
Indonesia Electric Motor Show 2021. Foto: Pool.
Jakarta -

Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 resmi dibuka pada Rabu (24/11/2021). Pameran otomotif ini akan dikhususkan pada kendaraan listrik yang berlangsung di Gedung Puspitek Serpong, Tangerang Selatan.

Setelah pekan lalu disuguhkan oleh beragam kendaraan baru dalam ajang GIIAS 2021, kini pencinta otomotif kembali dimeriahkan dengan IEMS 2021 dengan tema 'Innovation for Better Future e-Mobility'.

Pameran ini diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE). IEMS 2021 sendiri digelar dengan konsep Hybrid Exhibition dan Hybrid Seminar, yakni konsepnya mengusung fisik dan virtual.

Dadan M. Nurjaman selaku Kepala Organisasi Research Pengkajian dan Penerapan Teknologi BRIN mengatakan, pameran IEMS 2021 juga dihadiri berbagai acara seperti talkshow hingga test drive kendaraan listrik.

"Pada acara IEMS 2021 ini juga tidak hanya menampilkan kendaraan listrik, namun juga ada seminar, talk show menarik, hingga test drive kendaraan listrik," kata Dadan dalam konferensi pers virtual, Rabu (24/11/2021).

Acara juga dihadiri oleh Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko. Dirinya mengatakan, pameran IEMS 2021 diharapkan menjadi ajang pertunjukan bagi para peneliti dan inovator di Indonesia dalam mengembangkan kendaraan listrik untuk beberapa tahun ke depan.

"Saat ini ekosistem KBLBB (Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai) di Indonesia masih belum terbentuk, untuk itu pembangunannya harus dilakukan dari sekarang juga sesuai dengan arahan Presiden. Karena kalau tidak dilakukan sekarang, kapan lagi," ujar Moeldoko.

Acara ini bakal berlangsung mulai tanggal 24-26 November 2021. Bagi pengunjung yang ingin penasaran menjajal kendaraan listrik, bisa datang langsung ke Gedung Pusat Inovasi dan Bisnis Teknologi - BRIN di Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Atau, pengunjung juga bisa menyaksikan jalannya seminar dan talk show bersama narasumber mengenai teknologi kendaraan listrik melalui kanal YouTube BRIN Indonesia secara langsung.



Simak Video "Dilema Mobil Listrik: Ramah Lingkungan, Tapi Jutaan Pekerjaan Hilang"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/riar)