Gaharnya Mobil Kencang Hyundai yang Wara-wiri di WSBK Mandalika

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 21 Nov 2021 10:21 WIB
Jakarta -

World Superbike (SBK) seri Mandalika jadi kesempatan Hyundai memperkenalkan mobil high performance, Hyundai i30 Fastback N. Ya, mobil ini diketahui sudah menjadi safety car WSBK sejak 2019.

Indonesia kembali menjadi tuan rumah WSBK di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Momen ini digunakan Hyundai untuk mengenalkan mobil dengan performa tinggi.

"Tujuan kita mau kasih lihat secara brand experience dan driving experience kita match dengan perhelatan WSBK," kata Head of Public Relations PT Hyundai Motors Indonesia, Uria Simanjuntak di area Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hyundai i30 Fastback NHyundai i30 Fastback N di WSBK Mandalika Foto: Ridwan Arifin

"Hyundai melihat ini suatu sinergi yang baik untuk semua fans. Baik fans superbike, fans high performance car dan pecinta Hyundai di seluruh dunia," imbuhnya.

Pada WSBK di hari pertama, race diundur Minggu karena cuaca buruk. Terpantau Hyundai i30 Fastback N paling sering wara-wiri untuk menginspeksi kondisi trek Sirkuit Mandalika.

Hyundai i30 Fastback NHyundai i30 Fastback N Foto: Ridwan Arifin

Sebagai informasi, Hyundai i30 Fastback N, lahir Divisi N. Penggunaan huruf N diambil dari nama depan Kota Namyang dimana pusat R&D Hyundai terletak dan sekaligus menjadi tempat dibentuknya Hyundai N. Selain itu, N juga merepresentasikan Sirkuit Nurburgring, lokasi yang menjadi tempat pengetesan mobil-mobil performa Hyundai.

Di balik bonetnya, Hyundai i30 Fastback N menggunakan mesin 2.0 Theta II T-GDi berkapasitas 1998 cc dengan 4 silinder. Mobil penggerak roda depan ini bisa memuntahkan tenaga sebesar 280 PS di 6.000 rpm, dan torsi maksimal 36 kgm di 4.700 rpm.

Mobil dengan output tersebut dijual Hyundai dengan paket performa. Sedangkan transmisinya dipadukan dengan pilihan dual clutch (DCT) dan 6-percepatan manual.

Nah, saat melongok mobil Hyundai i30 Fastback N ini ternyata menggunakan transmisi manual 6-percepatan.

Secara tampilan, Hyundai i30 Fastback N safety car ini sekilas bentuknya tidak berbeda dari versi yang sudah dijual pada negara tetangga, Australia misalnya.

Hanya saja mobil safety car WSBK hingga 2023 ini punya livery sporty dengan perpaduan kelir biru dan oranye. Velg-nya pun berukuran 19 inch dengan balutan ban Pirelli P Zero HN.

Hyundai i30 Fastback NHyundai i30 Fastback N Foto: Ridwan Arifin

Lalu masuk pada bagian interior, Hyundai i30 Fastback N dibekali fitur mobil pada umumnya. Yakni tersedia head unit multimedia layar sentuh. Sedangkan jok pada bagian depan menganut model semi bucket.

Pada Minggu (21/11/2021) Hyundai Motorsport mengundang para awak media Indonesia untuk merasakan langsung bagaimana duduk sebagai penumpang dari Sirkuit Mandalika.

(riar/rgr)