Laporan dari Mandalika

Kenalan dengan Hyundai i30 Fastback N, Safety Car WSBK Mandalika

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 20 Nov 2021 13:37 WIB
Safety Car Hyundai i30 Fastback N
Safety Car WSBK Foto: Hyundai
Jakarta -

Hyundai Motor Company sudah tiga musim bermitra World Superbike (WSBK). Nah, salah satu mobil performa dari pabrikan asal Korea Selatan ini, Hyundai i30 Fastback N, bakal mengawal jalanannya balapan di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (20/11/2021).

Hyundai i30 Fastback N sudah bertugas sebagai safety car selama tiga musim di WSBK. Sedan dengan tampilan buntut yang lebih landai ini merupakan mobil berperforma dari divisi khusus Hyundai.

Divisi N menjadi tempat pengembangan dari Hyundai i30 Fastback N. N diambil dari nama depan Kota Namyang dimana pusat R&D Hyundai terletak dan sekaligus menjadi tempat dibentuknya Hyundai N. Selain itu, N juga merepresentasikan Sirkuit Nurburgring dimana Hyundai banyak mengetes performa mobil mereka.

Mobil ini memiliki peran penting selama balapan di akhir pekan. Bertugas sebagai safety car, Hyundai i30 Fastback N ini akan keluar sebelum para pebalap WSBK melakukan sesi pemanasan atau warm up lap.

Hyundai i30 Fastback NHyundai i30 Fastback N Foto: Hyundai Motors Indonesia

Keluarnya safety car tak hanya sebagai pertanda balapan akan segera dimulai. Ya, Hyundai i30 Fastback menjadi 'mobil patroli' untuk mengetahui kondisi sirkuit. Mobil ini akan kembali masuk ke track sirkuit jika ada pebalap yang terjatuh sehingga membuat jalur balapan tertutup.

Nama lain dari safety car ialah pace car. Tugas lain dari pace car ini ialah menjaga kecepatan pebalap ketika terjadi insiden yang mengganggu jalannya balapan. Saat Hyundai i30 Fastback N masuk, para pebalap harus nurut tidak diizinkan menyalip.

Sesuai agenda, Hyundai i30 Fastback N ini juga akan mengawal jalannya balapan World Superbike seri Mandalika.

Menjadi mobil safety car di ajang kelas internasional. Tentunya, Hyundai i30 Fastback N dibekali mesin berperforma.

Hyundai i30 Fastback NHyundai i30 Fastback N Foto: Hyundai Motors Indonesia

Di balik bonetnya, Hyundai i30 Fastback N menggunakan mesin 2.0 Theta II T-GDi berkapasitas 1998 cc dengan 4 silinder. Mobil penggerak roda depan ini bisa memuntahkan tenaga sebesar 280 PS di 6.000 rpm, dan torsi maksimal 36 kgm di 4.700 rpm.

Tenaga di atas dikawinkan dengan transmisi DCT 8-percepatan. Dengan bekal di atas Hyundai i30 Fastback N bisa berlari hingga 280 km/jam.

Mobil safety car Hyundai ini bakal tampil mengawal jalannya balapan pada Race pertama WSBK pada Sabtu, 20 November 2021.

Head of Public Relations PT Hyundai Motors Indonesia, Uria Simanjuntak mengatakan para awak media akan diberikan kesempatan menjadi penumpang Safety Car dalam acara Media Trip World Superbike (WSBK) pada Minggu, 21 November 2021.



Simak Video "Uji Hyundai Staria Signature 9, Bisa Angkut Orang Sekampung!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)