Alasan Nama Kia Grand Sedona Dipensiunkan dan Diganti Carnival

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 12 Nov 2021 11:46 WIB
Kia Grand Carnival meluncur di GIIAS 2021
Foto: Luthfi Anshori/detikOto. Kia Grand Carnival meluncur di GIIAS 2021.
Jakarta -

Untuk pertama kalinya Kia berpartisipasi di ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Di pameran otomotif tahunan ini, Kia langsung memperkenalkan tiga mobil sekaligus, salah satu yang mencolok adalah MPV mewah 11-seater, The All New Grand Carnival.

Dijelaskan Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha (KIA), Ario Soerjo, Grand Carnival merupakan pengganti model Sedona yang juga pernah dijual di Indonesia. Lalu apa alasan Kia mengganti Sedona dengan Carnival?

"Ini strategi global. Jadi Kia global dengan mereka punya semangat baru dan logo baru, mereka mau seragamin penamaan mobilnya di seluruh dunia. Jadi di global sekarang nggak ada yang pakai nama Sedona, yang ada Carnival dan Grand Carnival," kata Ario di arena GIIAS 2021, ICE, BSD City, Tangerang, Kamis (11/11/2021).

All New Grand Carnival diklaim menjadi satu-satunya high MPV yang ada di Indonesia dengan kapasitas 11 orang penumpang. Harga Kia Grand Carnival di Indonesia mencapai Rp 886.800.000.

Secara desain, Kia Grand Carnival tampil dengan fascia lebih tegas dengan grille besar dan aksen lampu DRL LED yang sporty. Beda dengan tampilan Kia Grand Sedona yang cenderung elegan dengan bentuk grille ala tiger nose, yang menjadi ciri khas Kia.

Mobil ini dilengkapi beberapa fitur canggih, antara lain Smart Power Sliding Door, Remote One-touch Power Door & Liftgate, Power Tailgate Auto-close, dan Get On/Off Puddle Light. Lalu ada pula fitur safety lainnya seperti Forward Collision-Avoidance Assist Junction Turning (FCA-JT) dan juga Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA).

Mobil dengan panjang lebih dari lima meter ini dibekali mesin Smartstream, D 2.2L, CRDi, DOHC, 16V, 2.151 cc, yang bisa menghasilkan tenaga puncak
202 PS pada 3.800 rpm dan torsi 441 Nm di 1.750 - 2.750 rpm, dikombinasi dengan transmisi 8-percepatan AT.

(lua/din)