4 Tahun di Indonesia, Ini Modal Xpander Bikin Avanza Cs Panas

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 02 Nov 2021 17:35 WIB
Mitsubishi Xpander di diler
Mitsubishi Xpander. Foto: Ilham Satria/detikOto
Jakarta -

Mitsubishi Xpander sudah berusia empat tahun. Setelah empat tahun, Mitsubishi akhirnya memberikan pembaruan pada Xpander yang akan diluncurkan pada pekan depan, tepatnya 8 November 2021.

Selama empat tahun berkiprah di Indonesia, Mitsubishi Xpander terus membayangi kompetitornya di kelas low MPV. Pesaing terdekatnya adalah Toyota Avanza. Bahkan, Xpander sempat bertengger di posisi puncak sebagai mobil paling laris di Indonesia menyalip Avanza.

Kehadiran Mitsubishi Xpander di Indonesia bisa dibilang sebagai gebrakan baru di segmen loW MPV. Karakter desainnya yang tak biasa seperti low MPV lainnya menjadi salah satu modal Xpander untuk membuat pesaingnya 'gerah'. Dari awal kelahirannya, Mitsubishi Xpander sudah memadukan desain MPV dan SUV.

"Saya ngobrol dengan konsumen, melihat kemacetan di Indonesia, mereka rata-rata ingin mobil yang image-nya kuat, seperti mobil SUV, stylish, namun dengan interior yang nyaman, lebih mewah yang mencerminkan gaya hidup modern," kata Kepala Desainer Mitsubishi Tsunehiro Kunimoto saat pertama kali meluncurkan Xpander pada 2017 lalu.

Mitsubishi Luncurkan Xpander FaceliftMitsubishi Xpander 2020 dengan lampu LED. Foto: Dok. MMKSI

Karakter mobil MPV yang dapat sentuhan SUV terlihat dari bagiaan depannya. Bumpernya mencerminkan kesan tangguh seperti sebuah SUV. Bumper belakang pun punya karakter yang sama.

Dari segi desain, Mitsubishi Xpander mengusung bahasa desain Dynamic Shield yang merupakan DNA mobil-mobil Mitsubishi Motors. Secara keseluruhan, desain Mitsubishi Xpander terlihat lebih gemuk dibanding kompetitornya, ditambah beberapa guratan yang membuat tampilannya jadi terlihat kekar.

Kesan SUV juga terlihat dari ketinggian mobil. Mitsubishi Xpander menjadi mobil low MPV dengan ground clearance tertinggi. Ground clearance Xpander berjarak 205 mm.

Dari segi eksterior, Mitsubishi Xpander dilengkapi velg 16 inchi, bumper depan dan belakang, spoiler belakang, window defogger, shark fin antenna, kamera belakang serta sensor parkir belakang.

Sementara di interiornya, Mitsubishi Xpander bisa menampung hingga 7 orang penumpang. Mobil ini dilengkapi dengan fitur setir yang bisa diatur tilt & telescopic, keyless operating system hingga head unit 7 inchi dengan konektivitas smartphone.