Bakal Ada di Toyota Avanza Baru, Dua Teknologi Ini Dipakai Duluan di Raize Hybrid

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 02 Nov 2021 10:51 WIB
Toyota Raize Hybrid
Toyota Raize Hybrid sudah dibekali rem parkir elektrik. Foto: Dok. Toyota
Jakarta -

Toyota Avanza terbaru dikabarkan bakal dibekali dua teknologi canggih, yakni rem parkir elektrik (EPB) dan mesin hybrid (e-Smart Hybrid). Nah, sebelum kedua teknologi itu dipastikan ada di Avanza baru, ternyata Toyota Raize Hybrid yang baru dijual di Jepang sudah memiliki kedua teknologi tersebut.

Ya, Toyota Raize Hybrid yang dipasarkan di Jepang mulai 1 November 2021 ternyata sudah dikonfirmasi mendapatkan rem parkir elektrik atau Electronic Parking Brake (EPB). Hal itu bisa dilihat dari bagian konsol tengah yang minus tuas rem parkir, berganti tombol EPB di belakang tuas transmisi.

Sekadar informasi, rem parkir EPB bekerja secara elektrik melalui motor yang ada di kaliper rem belakang. EPB memiliki sejumlah keunggulan dibanding dengan rem parkir konvensional. Selain bikin konsol tengah jadi lebih ringkas, EPB juga bisa menjalankan fungsi lain seperti brake hold.

Toyota Raize HybridToyota Raize Hybrid Foto: Dok. Toyota

"Brake hold itu fitur yang akan membantu kita misalnya pada saat tanjakan. Misalnya kalau pakai mobil manual, itu kan mekanismenya injak kopling, lalu menahannya pakai rem tangan, dan lanjut lepas tuas kopling supaya tidak aus. Nah, brake hold ini berguna untuk menahan mobil. Fungsinya seperti hill start assist, tapi (kalau brake hold) di jalanan rata juga bisa. Misal macet, setiap kita tekan rem lama dia akan mengunci, nanti digas otomatis lepas," ungkap Technical Support Dept. Head PT Toyota-Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, beberapa waktu lalu.

Nah, selain rem parkir elektrik, Raize hybrid juga mendapatkan teknologi hibrida bernama e-Smart Hybrid. Menurut informasi dari laman Autoindustriya, fitur e-Smart Hybrid ini nantinya juga akan disematkan pada Avanza terbaru. Memangnya seperti apa keunggulan mesin hybrid ini?

Dikutip dari laman Response, sistem e-Smart Hybrid pada Raize diklaim membuat mesin menjadi lebih bertenaga di kecepatan rendah sampai menengah, sehingga cocok untuk mobil SUV kompak seperti Raize yang tentunya lebih sering digunakan berkendara di jalanan kota.

Toyota Raize HybridToyota Raize Hybrid Foto: Dok. Toyota

Secara teknis mesin 1.200 cc Raize versi hibrida bisa mengeluarkan tenaga maksimum 106 PS dan torsi maksimum 170 Nm. Mobil ini dilengkapi dengan smart pedal (S-PDL), yang dapat mengontrol kecepatan kendaraan hanya dengan mengoperasikan pedal gas.

Selain itu, teknologi e-Smart Hybrid yang disematkan di mobil ini diklaim akan memberikan nuansa berkendara yang mirip dengan kendaraan listrik (EV), dengan respons yang baik dan akselerasi yang halus, karena torsi maksimum didapat sejak rpm awal.

Tak hanya rasa berkendaranya yang disebut mirip mobil listrik full baterai, adanya teknologi hybrid ini juga membuat konsumsi bakar jadi lebih irit. Raize hybrid diklaim bisa mencatat konsumsi bahan bakar 28,0 km/liter (dengan mode WLTC).

(lua/din)