Elon Musk Ungkap Arti Logo Tesla yang Sebenarnya

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 30 Okt 2021 16:17 WIB
CORTE MADERA, CA - AUGUST 02:  The Tesla logo appears on a brand new Tesla Model S on August 2, 2017 in Corte Madera, California. Tesla will report second-quarter earnings today after the closing bell.  (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)
Ilustrasi logo Tesla Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta -

Setiap perusahaan pasti memiliki sebuah logo dengan makna tersendiri, termasuk produsen otomotif Tesla. Namun, tahukah kamu apa arti logo dari Tesla yang sebenarnya?

Sebagai informasi, pemberian nama Tesla mengadopsi dari seorang penemu revolusioner asal Amerika Serikat, Nikola Tesla. Dirinya merupakan penemu sistem pasokan listrik bolak-balik.

Lalu, banyak orang yang menganggap jika huruf 'T' pada logo Tesla merupakan inisial nama dari perusahaan. Tapi ternyata, tidak hanya itu makna sebenarnya dari logo tersebut.

Dikutip dari Fox News, Elon Musk selaku CEO Tesla mengungkapkan, bahwa logo tersebut sebenarnya merupakan representasi perpotongan antara stator dan rotor yang terdapat di motor elektrik. Agar desainnya lebih menarik mata, kemudian diberikan beberapa sentuhan desain sehingga terlihat seperti sekarang ini.

Lalu, bagian utama pada huruf 'T' tersebut adalah bagian dari rotor. Sementara garis di atasnya yang sedikit terpisah melambangkan komponen stator.

Logo TeslaLogo Tesla Foto: REUTERS/Lucas

Apabila diperhatikan, logo Tesla juga dibuat menyerupai sebuah perisai. Hal ini menunjukan komitmen perusahaan untuk memaksimalkan keselamatan pengguna mobil listrik Tesla.

Dikutip dari 1000 logos, logo berbentuk perisai ini juga diartikan sebagai perlindungan maksimal terhadap lingkungan sebagai salah satu manfaat menggunakan mobil EV. Tesla ingin menghadirkan mobil ramah lingkungan dan nol emisi karbon.

Untuk bagian huruf, terdapat berbagai sentuhan yang khas pada logo Tesla. Tulisan 'TESLA' sendiri mengandung beberapa elemen dari logo utama yaitu T.

Jika diperhatikan, huruf 'E' dan 'A' pada tulisan Tesla memiliki beberapa garis vertikal yang dihilangkan. Apabila merujuk pada logo utama, jarak antara garis vertikal yang hilang dapat diasumsikan sebagai medan magnet di motor listrik untuk menciptakan torsi.

Melihat bagian warna, logo Tesla didominasi perak agak putih dan hitam. Hadirnya warna hitam yang cukup kontras pada latar belakang putih disebut sebagai representasi hadirnya teknologi lama dan teknologi canggih masa kini.

Sementara itu, kombinasi warna perak dan merah menunjukan sebagai tanda dari sebuah inovasi teknologi dalam mobil listrik yang ditujukan untuk masyarakat luas.



Simak Video "Eks Insinyur Tesla: Harga Mobil Listrik Belum Masuk Akal, Harusnya Setara Avanza"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)