ADVERTISEMENT

Range Rover Jajaki Penggunaan Hidrogen untuk Mobil Masa Depannya

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 29 Okt 2021 19:54 WIB
New Range Rover
Range Rover mungkin akan tersedia dalam pilihan tenaga hidrogen di masa depan (dok. Land Rover)
Jakarta -

Land Rover baru saja meluncurkan generasi kelima Range Rover. Setelah menawarkan pilihan mesin bensin, diesel, dan plug-in Hybrid, Range Rover membuka peluang meluncurkan versi tenaga hidrogen di masa depan.

Direktur Vehicle Program Jaguar Land Rover, Nick Miller mengatakan platform MLA yang digunakan pada kendaraan Land Rover saat ini telah dirancang untuk mengusung mesin bertenaga hidrogen. Sehingga, SUV mewah tersebut bakal hadir dalam pilihan mesin Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV).

Dikutip dari Carscoops, perusahaan asal Inggris ini juga tengah membuat prototipe tipe Defender dengan bahan bakar hidrogen. Rencananya, Land Rover bakal melakukan tahap pengujian kendaraan hidrogen pada akhir tahun ini.

Powertrain hidrogen pada kendaraan Land Rover nanti terdiri dari sel bahan bakar, tangki bahan bakar hidrogen, baterai, unit penggerak listrik, dan knalpot yang hanya mengeluarkan air. Mobil bertenaga hidrogen ini menjadi bagian dari rencana mereka untuk 100% tak lagi memproduksi mobil berbahan bakar bensin/diesel pada 2036.

Rencana tersebut diawali dengan Range Rover generasi terbaru akan beralih menggunakan tenaga baterai mulai 2024. Kemudian pada 2030, Land Rover berencana sudah mentransformasi semua jajaran line up mobil mereka menjadi sudah bertenaga listrik.

Generasi kelima dari Range Rover baru saja diluncurkan beberapa waktu lalu. Secara umum, tampilan dari Range Rover generasi terbaru ini tampak sangat modern. Meski secara umum siluet serta garis desainnya masih mirip dengan Range Rover generasi sebelumnya, namun sentuhan aksen yang lembut di beberapa bagian, membuatnya tampak kian mewah.

Kini, Range Rover hadir dengan berbagai pilihan mesin dari mulai mesin bensin, diesel, hingga Plug-in Hybrid. Ada pilihan mesin Mild Hybrid 3.0L Turbocharged I6 yang diklaim punya tenaga di 395 HP. Selain itu, ada juga mesin 4.4 L Twin Turbocharged V8 yang tenaganya tembus hingga 523 HP.

Untuk urusan harga, Land Rover menjual Range Rover generasi terbaru ini di pasar Amerika Serikat dengan harga yang sangat variatif. Dalam versi basic atau tanpa opsi, Range Rover P400 SE dibanderol US$ 104.000 atau setara dengan Rp 1,4 miliar. Sedangkan untuk tipe termahalnya, dalam versi basic, Range Rover P530 First Edition (LWB) dibanderol US$ 163.500 atau Rp 2,3 miliar.



Simak Video "Masyarakat Mulai Tertarik Kendaraan Listrik, Ini Faktor Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT