Sopir Truk di Kanada Dihargai, Aman dari Pungli

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 24 Okt 2021 13:16 WIB
Kisah orang Indonesia jadi sopir truk di Kanada
Kisah orang Indonesia jadi sopir truk di Kanada. Foto: Dok. Bagus Ananda Putra
Jakarta -

Sopir truk menjadi salah satu profesi yang cukup dihargai di Kanada. Selain gaji besar yang ditawarkan, para sopir truk di Kanada bisa bekerja dengan nyaman karena tidak adanya pungli (pungutan liar).

Seperti dijelaskan Bagus Ananda Putra, yang sudah 9 tahun berprofesi sebagai sopir truk di Kanada, mengatakan bahwa ada perbedaan yang cukup signifikan antara sopir truk di Indonesia, dengan sopir truk di Kanada.

"Ini kita bukan menjelekkan ya, tapi sekadar membandingkan saja. Satu hal yang pasti di Kanada adalah nggak ada (truk) yang oleng-oleng di sini," kata Bagus kepada detikOto melalui sambungan telepon belum lama ini.

Kisah orang Indonesia jadi sopir truk di KanadaKisah orang Indonesia jadi sopir truk di Kanada Foto: Dok. Bagus Ananda Putra

"Sopir truk di Kanada itu bertugas di jalan untuk memindahkan barang dari point A ke point B. Tapi kalau sopir truk di Indonesia, kadang di jalan supaya bisa oleng, bunyiin klakson, dan sebagainya," tambah Bagus.

Di samping itu, menurut Bagus para sopir truk di Kanada bisa melakukan pekerjaannya dengan aman dan tentram tanpa harus khawatir kena pungutan liar (pungli) selama perjalanan, baik dari oknum lokal maupun oknum aparat.

"Di sini kita sebagai sopir truk aman, tidak ada pungli. Betul-betul kita berjalan di atas aturan yang disediakan atau diberlakukan," jelas Bagus.

"Kalau di Indonesia kan, aparat masih kendur juga kan (soal aturan). Kalau di sini (Kanada), kalau kita (sopir truk) salah ya bisa ditangkap, jika kita benar ya bisa kita lawan di pengadilan," katanya lagi.

"Umumnya di sini, kalau labour (pekerja) kasar kayak kita, seperti sopir truk, atau pembuat jalan, itu kebanyakan lebih dihargai dari orang yang kerjanya berdasi," tandasnya.



Simak Video "Kisah Hidup WNI di Kanada, Jadi Sopir Truk Bergaji Rp 30 Juta Per Minggu"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)