WNI Jadi Sopir Truk di Kanada Dibayar Rp 600 Ribu Sejam, Mau Beli Apa-apa Gak Perlu Mikir Lagi

Luthfi Anshori - detikOto
Sabtu, 23 Okt 2021 12:40 WIB
Kisah orang Indonesia jadi sopir truk di Kanada
Kisah orang Indonesia jadi sopir truk di Kanada (Dok. Bagus Ananda Putra)
Jakarta -

Sopir truk di Kanada digaji per jam dan upahnya dibayarkan setiap minggu. Di sana, gaji sopir truk double trailer bisa tembus Rp 600 ribu per jam atau Rp 30 jutaan per minggu. Dengan income sebanyak itu, beli apa-apa nggak perlu mikir lagi, deh.

Pengalaman menjadi sopir truk di Kanada dikisahkan oleh Bagus Ananda Putra kepada detikOto. Warga Indonesia asal Bali itu sudah menekuni profesi sopir truk di Kanada selama 9 tahun. Saat ini Bagus bekerja di Martin Brower Company dan bertugas mendistribusikan bahan baku untuk restoran cepat saji, McDonald's.

Di Martin Brower, Bagus mengakui jika ia dibayar sekitar 57 CAD (dolar Kanada) atau setara Rp 656 ribu per jam saat mengendarai truk double trailer alias truk gandeng. Dan jika membawa truk satu trailer, dengan sumbu roda tiga bayarannya 46 CAD (Rp 529 ribu) per jam. Itu baru biaya untuk jasa sopir ya. Sementara untuk biaya menurunkan barang dari truk, Bagus mendapatkan tambahan 31 CAD (Rp 356 ribu) per jam.

"Ini terang-terangan saja, saya dibayar setiap minggu, nggak setiap bulan. Saya dapat kadang-kadang 2.700 dolar (Rp 31 juta) per minggunya, bisa juga 2.200 dolar (Rp 25,3 juta), tertinggi saya dapat 2.700 dolar dan terendah 2.100 dolar seminggu (Rp 24,1 juta)," sambung pria yang kini memiliki dua anak itu.

Dengan pendapatan sebesar itu, Bagus mengatakan sudah lebih dari cukup. Dalam artian, Bagus bisa membeli barang-barang yang diinginkannya tanpa perlu berpikir ulang.

Kisah orang Indonesia jadi sopir truk di KanadaKisah orang Indonesia jadi sopir truk di Kanada Foto: Dok. Bagus Ananda Putra

"Ya (penghasilan segitu) lumayan lah. Untuk hidup di sini sebagai truck driver masih bisalah kita bergaya. Artinya, nggak perlu berpikir lah kita kalau mau beli barang yang diinginkan. Pengin beli ini, pengin beli itu, nggak usah berpikir lagi," sambung Bagus.

Tak hanya sopir truk level profesional yang gajinya besar, sopir truk dengan status magang pun pendapatannya lumayan, per jamnya bisa mencapai 23-24 CAD atau Rp 264 ribu sampai Rp 276 ribu.

"Memang segitu kalau newly graduate (lulusan baru), tapi kalau kita sudah mempunyai pengalaman bagaimana kita drive di winter, bagaimana kita drive di gunung, bagaimana kita nyetir di jalan raya, perusahaan yang besar-besar itu akan nyari kita," tukasnya.

[Gambas:Youtube]



(lua/din)