Bikin Melongo, Gaji Sopir Truk Indonesia di Kanada Bisa Capai Rp 1,7 M Per Tahun

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 07 Okt 2021 06:31 WIB
Gaji sopir truk trailer di Kanada bisa mencapai Rp 1,7 miliar per tahun
Foto: Tangkapan layar YouTube Supir Truk CANADA. Gaji sopir truk trailer di Kanada bisa mencapai Rp 1,7 miliar per tahun.
Jakarta -

Sebagian orang mungkin masih memandang sebelah mata terhadap profesi sopir truk. Tapi pandangan tersebut mungkin bisa berubah setelah tahu besaran gaji yang diterima sopir truk. Contohnya di Kanada, gaji sopir truk trailer di negara ini bisa mencapai Rp 1,7 miliar per tahunnya.

Ya, seperti dalam video yang diunggah kanal YouTube Supir Truk CANADA, menjelaskan kisaran gaji yang diterima pengemudi truk Indonesia yang bekerja di Kanada. Gaji tersebut dihitung per tahun dan untuk jasa mengemudikan truk double trailer.

Dalam sebuah video berjudul 'Berapa Gaji supir truk double trailer di canada ❓❓', sang pemilik channel mengajak penonton untuk menjumpai kawannya yang sama-sama berasal dari Indonesia dan juga sama-sama berprofesi sebagai pengemudi truk.

Temannya tersebut mengemudikan sopir truk double trailer alias gandeng dengan total panjang sekitar 20 meter (67 feet). Truk tersebut punya ciri khas moncong yang panjang khas truk-truk Amerika. Ia juga menjelaskan bocoran gaji sopir truk Indonesia di Kanada.

"Kalau setahun. Tahun pertama, mungkin sekitar US$ 80.000 sampai US$ 95.000. Setelah tahun pertama kita melihat US$ 105.000 sampai US$ 120.000. Itu sebelum potong pajak," kata pengemudi truk bernama Made itu.

Kalau dikonversi ke mata uang rupiah, per tahunnya Made bisa menerima gaji antara Rp 1,1 miliar hingga Rp 1,3 miliar. Di tahun kedua, gajinya naik lebih tinggi lagi, antara Rp 1,5 miliar hingga Rp 1,7 miliar. Tapi dengan catatan, itu hasil kotor, belum dipotong pajak.

Dengan gaji sebesar itu, Made yang berasal dari Bali itu pun memiliki kendaraan mahal sekelas moge Harley-Davidson. "Dia punya channel YouTube juga, namanya Moge dan Made. Karena dia juga punya Harley," kata pemilik kanal YouTube Supir Truk CANADA.

[Gambas:Youtube]



(lua/din)