Nasib Pemesan Toyota GR Yaris yang Tidak Kebagian Unit

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 22 Okt 2021 08:07 WIB
Toyota GR Yaris
Toyota GR Yaris. Foto: Luthfi Anshori/detikcom
Jakarta -

Toyota GR Yaris merupakan produk terbatas yang diimpor secara utuh oleh Toyota-Astra Motor (TAM) dari Jepang. GR Yaris menarik minat konsumen di Tanah Air untuk meminang mobil hatchback performa tinggi ini. Sayang, tidak semua pemesan kebagian, gimana ya nasibnya?

Toyota GR Yaris hanya diproduksi 25 ribu unit di seluruh dunia. Dari angka sebesar itu, Indonesia hanya kebagian jatah 126 unit. Tapi menariknya, para pemesan GR Yaris di Indonesia angkanya tembus 600 unit. Otomatis, bakal banyak konsumen yang tidak kebagian mobil ini.

Menurut Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmi Suwandy, Toyota tidak bisa mengusahakan lebih supaya semua konsumen bisa mendapatkan Toyota GR Yaris. TAM juga mengklaim sudah memutuskan pembeli mobil ini secara adil melalui sistem undian.

Dijelaskan Anton, bagi calon konsumen yang tidak mendapatkan unit GR Yaris yang diidam-idamkan bakal bisa memiliki produk eksklusif Toyota lainnya yang dirilis pada masa mendatang.

"Semuanya (SPK pemesan GR Yaris) ada di database kita ya. Jadi kalau someday kita ada produk-produk lain yang juga cocok, kita akan informasikan ke mereka juga gitu. Kalau mereka berminat ya mudah-mudahan bisa jadi inden list juga," kata Anton, di Edutown BSD City, Tangerang Selatan (21/10).

Sebagai informasi, GR Yaris untuk pasar Indonesia ditenagai mesin 1.600 cc, 3-silinder, dengan Turbocharger. Mesin itu bisa menghasilkan tenaga puncak 261 PS pada 6.500 rpm dengan torsi maksimal 360 Nm pada 3.000-4.600 rpm.

Mesin itu disalurkan melalui penggerak 4 roda (4WD) yang dikombinasi transmisi manual 6-percepatan dengan Intelligent Manual Transmission (iMT). Ada juga fitur Limited Slip Differential (LSD) untuk memberikan performa traksi dan handling terbaik.

Toyota GR Yaris dibekali tiga mode berkendara: mode Normal untuk akselerasi yang lebih baik, mode Sport untuk kelincahan yang lebih baik, dan mode Track untuk berkendara cepat secara keseluruhan.

Toyota GR Yaris juga dibekali sejumlah fitur keselamatan, seperti Pre-Colission System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Tracing Assist (LTA), dan Automatic High Beam (AHB).

Mobil ini dibanderol Rp 850 juta on the road, dengan paket aksesori yang dijual seharga kurang lebih Rp 100 juta. Baik unit mobil, maupun aksesori dari Toyota GR Yaris ini diimpor langsung dari Jepang.

(lua/din)