Mantap! Xiaomi Siap Produksi Mobil Listrik Pertamanya pada 2024

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 21 Okt 2021 09:31 WIB
Logo baru Xiaomi
Ilustrasi logo Foto: Xiaomi
Jakarta -

Perusahaan teknologi Xiaomi kini sudah siap untuk masuk ke pasar otomotif. Rencananya, mobil listrik pertama Xiaomi akan diproduksi pada paruh pertama tahun 2024.

Dikutip dari CNBC, hal ini disampaikan langsung oleh Chief Executive Officer Xiaomi, Lei Jun beberapa waktu lalu. Pengumuman ini awalnya ditulis oleh seorang juru bicara dan muncul di situs media sosial Weibo, namun akhirnya dikonfirmasi langsung oleh Lei Jun.

Lei Jun mengatakan proses registrasi mobil listrik Xiaomi sudah selesai dilakukan pada 1 September lalu. Kini perusahaan sudah siap untuk masuk ke tahap produksi pada awal tahun 2024.

Rencana Xiaomi untuk menjual kendaraan listrik sebenarnya sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu. Bahkan, Xiaomi telah menunjuk divisi khusus untuk produksi kendaraan listrik, yaitu Xiaomi EV Inc.

Raksasa teknologi asal China ini akan menginvestasikan dana sebesar US$10 miliar atau sekitar Rp 142 triliun yang diproyeksikan untuk kebutuhan biaya operasional bisnisnya selama 10 tahun ke depan. Saat ini Xiaomi telah menanamkan modal sebesar US$ 1,55 miliar atau setara Rp 22 triliun.

CEO Xiaomi Lei Jun jadi brand ambassador Mi 11CEO Xiaomi Lei Jun jadi brand ambassador Mi 11 Foto: Istimewa

Perusahaan Xiaomi EV saat ini juga memiliki sebanyak 300 karyawan dan jumlahnya akan terus bertambah. Hal ini dilakukan untuk persiapan membangun kendaraan listrik dalam beberapa tahun mendatang.

"Saya bersedia mempertaruhkan reputasi personal saya dan bertarung untuk masa depan kendaraan listrik pintar kami," kata CEO Xiaomi, Lei Jun.

Xiaomi tidak main-main dalam rencana membuat mobil listrik, beberapa waktu lalu perusahaan telah membeli salah satu startup pada bidang teknologi otonom, Deepmotion, dengan biaya lebih dari US$ 77 juta (Rp 1,1 triliun). Nantinya Xiaomi dan Deepmotion bakal melakukan penelitian dan pengembangan kendaraan listrik.

Xiaomi juga berupaya membuat investasi besar-besaran dengan Motorcomm, yakni perusahaan yang bekerja untuk pengembangan chip komunikasi yang bakal ditanamkan pada kendaraan super canggih. Hal ini memunculkan spekulasi jika Xiaomi akan menggunakan teknologi tersebut pada mobil listriknya.

Dengan sejumlah investasi besar yang dilakukan, tidak dipungkiri Xiaomi dapat mewujudkan mobil listrik pada 2024. Namun, persaingan mobil listrik buatan China bakal semakin ketat karena sejumlah perusahaan juga mulai terjun ke industri otomotif, salah satunya Baidu.

Perusahaan asal China ini juga berniat menjual kendaraan listrik dalam waktu dekat. Bahkan, Baidu telah meluncurkan anak perusahaan yang fokus dalam produksi mobil listrik dan memiliki CEO sendiri.



Simak Video "Rencana Mobil Listrik Xiaomi Terbongkar, Disebut Gandeng Perusahaan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)