Gas! Indonesia Target Ekspor 1 Juta Unit Mobil Per Tahun

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 15 Okt 2021 16:57 WIB
Kegiatan ekspor mobil terus dilakukan meski di tengah pandemi COVID-19. Pasalnya, kegiatan ekspor merupakan salah satu pemasukan devisa ke negara.
Indonesia target ekspor 1 juta unit mobil di tahun 2025. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Pemerintah memiliki ambisi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara basis produksi mobil global. Pemerintah pun gencar melakukan lobi kepada para produsen otomotif yang memiliki pabrik di Tanah Air. Dalam waktu dekat, pemerintah menargetkan Indonesia bisa ekspor 1 juta unit mobil per tahun.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa sektor industri di Tanah Air sedang menunjukkan kepercayaan diri seiring dengan meningkatnya aktivitas ekspansi. Menurut Agus, nilai PMA (Purchasing Manager Index) manufaktur yang pada September 2021 telah naik kembali pada posisi 52,2 poin.

"Dengan makin membaiknya perekonomian dan berkurangnya pembatasan sosial akibat kasus Covid-19 yang telah menurun, pangsa pasar ekspor produk otomotif untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih, termasuk juga komponennya telah mencapai lebih dari 80 negara, dengan produksi pada bulan Januari hingga Agustus 2021, sebanyak 185 ribu unit kendaraan CBU, 71 ribu CKD, dan 50 juta piece komponen," ungkap Agus, dalam webinar Quo Vadis Industri Otomotif Indonesia di Era Elektrifikasi, Jumat (15/10/2021).

Lanjut Agus menambahkan, pemerintah berambisi menjadikan Indonesia sebagai pemain industri otomotif global dengan memperbanyak ekspor kendaraan bermotor, terutama roda empat, dan khususnya adalah produk-produk kendaraan ramah lingkungan dan rendah emisi.

"Pemerintah menargetkan ekspor kendaraan CBU pada tahun 2025 dapat mencapai 1 juta unit. Oleh sebab itu melalui kesempatan ini kami terus menerus melakukan upaya, me-lobby para industri perusahaan otomotif supaya dapat menjadikan Indonesia sebagai basis produksi kendaraan bermotor yang berorientasi eskpor, yaitu kendaraan rendah emisi dan ramah lingkungan. Kemudian dengan road map (peta jalan) making Indonesia 4.0, industri otomotif termasuk dalam sektor industri prioritas yang akan dikembangkan," sambung Agus.

Sebagai informasi, ekspor mobil Indonesia saat ini masih ada di kisaran 300 ribuan unit per tahun. Pada 2019 lalu, Indonesia mengekspor mobil utuh atau CBU (Completely Built Up) sebanyak 332.004 unit. Pada 2020, angka itu turun 30% akibat terjadinya pandemi virus Corona (Covid-19). Sebagai catatan, sepanjang Januari-Desember 2020 ekspor mobil CBU Indonesia ada di angka 232.175 unit.

(lua/din)