Chris Martin Cs Tur Dunia, Konsernya Pakai Tenaga Baterai Mobil Listrik BMW

Tim Detikcom - detikOto
Jumat, 15 Okt 2021 14:58 WIB
Jakarta -

Chris Martin bersama bandnya, Coldplay, akan melakukan tur dunia pada 2022. Kali ini rangkaian tur mereka akan berbeda dari yang pernah ada sebelumnya. Soalnya tenaga listrik untuk panggung akan datang dari baterai mobil listrik BMW.

Dikutip dari zigwheels, BMW menyiapkan 40 baterai mobil yang bisa didaur ulang untuk digunakan pada konser-konser Coldplay. baterai-baterai tersebut akan menjadi sumber tenaga listrik yang digunakan ketika tampil live.

Ini akan menjadi terobosan baru di dunia pertunjukan langsung dan industri otomotif. Soalnya tak pernah ada sebelumnya sebuah pertunjukan musik yang listriknya datang dari baterai, terlebih baterai mobil listrik.

Baterai yang akan digunakan untuk menghidupkan konser Coldplay tersebut berasal dari BMW i3. Dukungamn dari BMW ini disebutkan akan membuat konser-konser Coldplay menjadi sangat ramah lingkungan, minim emisi gas buang karbon.

Lalu dari mana listrik untuk mengisi baterai-baterai milik BMW tersebut? Dijelaskan lebih lanjut, baterai tersebut diisi menggunakan peralatan-peralatan ramah lingkungan. Misalnya daya listrik didapat dari panel surya, generator yang dihidupkan menggunakan minyak nabati, dan lantai stadium kinetik yang bisa menghasilkan tenaga listrik dari fans yang ada di atasnya.

Baterai-baterai tersebut merupakan baterai yang 'dihidupkan' lagi setelah sebelumnya sempat dipakai sebagai sumber tenaga mobil. Ini merupakan salah satu keunggulan teknologi baterai BMW.

(din/din)