Honda Uji Coba Mobil Otonom Level 3 dan Level 4, Digeber 25.000 Km

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 13 Okt 2021 13:18 WIB
Honda baru saja melakukan uji coba mobil otonom pada Level 3 dan Level 4
Foto: Dok. Honda. Honda baru saja melakukan uji coba mobil otonom pada Level 3 dan Level 4.
Jakarta -

Honda baru saja melakukan uji coba mobil otonom pada Level 3 dan Level 4. Meskipun masih dalam bentuk prototipe, namun Honda berhasil unggul dari sejumlah produsen otomotif lain yang belum melakukan uji coba mobil otonom pada level tersebut.

Dikutip dari Carscoops, Honda memperkenalkan prototipe mobil otonom ini dalam ajang ITS World Congress 2021 di Hamburg, Jerman. Dalam acara tersebut, produsen otomotif asal Jepang ini menampilkan kemampuan mobil otonom mereka di level 3 dan Level 4 yang mengusung model Honda Legend.

Selama dilakukan uji coba, prototipe mobil tersebut berhasil melaju sendiri tanpa bantuan pengemudi. Selain itu, Honda juga menguji berbagai skenario seperti Traffic Jam Chauffeur dan Motorway Chauffeur di Jerman.

Dari dua metode uji coba tersebut, mobil otonom level 4 Honda mampu berjalan sendiri ketika terjebak kemacetan tanpa perlu dikendalikan lagi oleh pengemudi. Sama halnya saat melintasi jalan tol, mobil otonom Honda melesat dengan aman tanpa kendali manusia.

Selama uji coba, mobil otonom Honda telah menempuh jarak hingga lebih dari 25.900 km dengan melewati sejumlah ruas jalan di Jerman. Teknologi yang diusung Honda mampu memantau kondisi lalu lintas di jalan raya dan mengambil kendali penuh atas seluruh mobil dari pengemudi.

Sehingga, teknologi mobil otonom di level 3 dan level 4 milik Honda diklaim dapat mengatasi sejumlah gangguan atau hambatan yang ditemukan saat berkendara. Hal ini tentu memberikan kemudahan bagi pengemudi tanpa perlu repot memegang kendali mobil.

"Kami melihat teknologi mobil otonom adalah bagian dari teknologi keamanan canggih yang dimiliki Honda. Lewat teknologi itu kami berupaya menekan tingkat kecelakaan di jalan dan meningkatkan standar keamanan yang ada," kata Dr. Robert Kastner, Pemimpin Proyek Besar dari Program L3Pilot di Honda R&D Eropa

Sampai saat ini, sejumlah merek otomotif ternama juga melakukan pengembangan mobil otonom, salah satunya Tesla. Namun, fitur Autopilot andalannya baru sampai di level 2 saja.

Selain Honda, sebenarnya ada Audi yang telah mengembangkan lebih dulu mobil otonom level 3 dengan mengusung model A8 di tahun 2019. Namun sayang, Audi tak kunjung mendapat persetujuan dari pemerintah Jerman terhadap pembuatan mobil otonom dan akhirnya rencana tersebut ditunda.

(lua/lth)