Masih Dijual, Ini Lho Mobil-Mobil yang Betah Pakai 'Muka Lama' di Indonesia

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 12 Okt 2021 17:53 WIB
Daihatsu Luxio
Daihatsu Luxio salah satu mobil yang tak kunjung mendapat perubahan besar Foto: Daihatsu Luxio
Jakarta -

Jika umur sudah menyentuh 10 tahun, pabrikan mobil umumnya melakukan major change (perubahan besar) atau dikenal All New. Tapi di Indonesia masih ada lho model-model yang bertahan tanpa regenerasi dengan 'wajah lama' alias bertahan dengan kurun waktu mendekati 10 tahun. Apa saja? berikut rangkumannya.

Dikutip Autotrader, istilah facelift biasa digunakan untuk mengubah tampilan produk mobil, namun wujudnya secara garis besar masih sama dengan versi terdahulu. Dengan kata lain melalui facelift, produk akan mengalami pembaruan kecil-kecilan untuk membuat mobil terlihat segar dan modern. Face-lift sering kali mencakup lampu depan dan bumper baru yang diperbarui, desain roda, warna cat, dan terkadang beberapa fitur atau gadget teknologi baru.

Sedangkan All New mencakup perubahan yang lebih besar, biasanya siklus peluncuran akan lebih lama sebab membutuhkan riset tak sebentar. All New bisa mencakup perubahan sasis, mesin, desain eksterior-interior, suspensi, fitur.

Guna menjaga siklus model bertahan di tengah kompetitor, banyak pabrikan melakukan regenerasi berupa facelift sebelum produk All new dibuat. Tapi beberapa model di Indonesia tak kunjung mendapatkan All dan tetap dipasarkan di Tanah Air.

1. Suzuki APV

Suzuki APV lahir di Indonesia pada tahun 2004. Itu artinya mobil dengan desain boxy ini sudah berumur 17 tahun, tetapi masih mengusung desain lama, dan tak kunjung mendapat perubahan total.

Pun demikian, Suzuki All Purpose Vehicle (APV) ini juga jarang mendapatkan penyegaran atau facelift. Adapun kali terakhir Suzuki APV mendapat facelift pada tahun 2016.

Penjualan mobil di Indonesia masih didominasi merek-merek Jepang. Mobil terlaris selama September 2017 itu adalah Toyota Avanza (8.083 unit), Toyota Calya (5.147 unit), Toyota Kijang Innova (4.977 unit), Daihatsu Sigra (3.878 unit), Honda Brio Satya (3.559 unit), Daihatsu Granmax Pikap (3.547 unit), Daihatsu Xenia (3.115 unit), Suzuki Carry MT Pikap (3.068 unit), Honda HR-V (2.864 unit), Suzuki Ertiga (2.713 unit), Daihatsu Ayla (2.561 unit), Honda BR-V (2.471 unit), Mitsubishi Pajero Sport (2.328 unit), Honda Mobilio (2.031 unit), Toyota Fortuner (1.963 unit). Honda CR-V (1.713 unit), Suzuki APV (1.615 unit), Toyota Sienta (1.612 unit), Toyota Agya (1.496 unit), dan Toyota Rush (1.441 unit).Suzuki APV Foto: Pool/Suzuki.

APV merupakan kendaraan global Suzuki jenis serba guna pertama yang diproduksi Suzuki di luar Jepang. Dan Indonesia pun dijadikan basis produksi APV.

Tadinya APV ini merupakan singkatan dari ASEAN Project Vehicle. Namun kemudian diganti menjadi All Purpose Vehicle mengingat target pasar yang dibidik waktu itu tidak hanya kawasan ASEAN saja.

(halaman selanjutnya: mobil-mobil yang betah pakai 'wajah lama')