Ini Bagian yang Paling Sering Rusak dari Lamborghini di Indonesia, Sekali Servis Rp 110 Juta

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 01 Okt 2021 12:53 WIB
Jakarta -

Pembeli supercar harus menyiapkan uang banyak bukan sekadar saat membelinya saja. Soalnya, selain pajak tahunannya yang selangit, biaya perawatannya juga tidak murah. Apalagi untuk Lamborghini di Asia Tenggara, khususnya Indonesia.

Salah satu bengkel spesialis supercar yang terletak di bilangan Tangerang Selatan, mengatakan bahwa ada salah satu momok yang kerap muncul di Lamborghini di Indonesia. Masalah ini muncul akibat iklim di Indonesia cenderung lembab dan membuat komponen gampang berkarat.

"Salah satu kelemahan Lamborghini Aventador LP700 iin adalah pada bagian engine wiring harness, khususnya di wilayah Asia Tenggara. Masalah ini jarang terjadi di daerah lain seperti Timur Tengah, Eropa, atau bahkan di Amerika pun jarang," Resha Ahadiat, pemilik serta direktur Supercar.id kepada detikOto.

Kerusakan pada bagian engine wiring harness ini akan membuat mobil jadi kerap mati sendiri. Namun menurut Resha, tidak mudah untuk mendeteksi penyakit ini.

"Kami lakukan pengecekan ternyata memang di daerah tropis ini, tingkat kelembabannya cukup tinggi. Sehingga kabel yang ada di engine itu cenderung karatan di dalamnya. Memang secara visual tidak terlihat karat tersebut. Cuma bisa kita lihat setelah kita lakukan diagnosa pakai computer diagnosis Lamborghini," papar Resha yang juga mantan Supervisor Mechanic di Lamborghini Dealer Jakarta.

Menurut Resha, umumnnya Lamborghini Aventador di Indonesia setelah lima tahun akan melakukan pergantian engine wiring harness ini. Bahkan menurutnya, tidak jarang ada Aventador yang dalam kurun lima tahun, sudah dua kali mengganti bagian ini.

"Apabila lebih dari 5 tahun yaitu bisa kita anggap hoki atau beruntung. Hampir semua avantador di Indonesia udah ganti wiring harness ini. Bahkan ada mobil yang sudah dua kali ganti wiring harness dalam rentang waktu lima tahun," papar Resha dan juga dijelaskannya lewat video yang diunggah di kanal YouTube Supercar.id.

Proses pergantian engine wiring harness pada Lamborghini ini tergolong cukup rumit. Tak heran, Resha dan tim Supercar.id membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk menyelesaikan masalah ini.

"Memang prosesnya sedikit rumit, karena seluruh kabel yang ada di engine compartment itu termasuk dalam penggantian enine wiring harness ini. Apabila ada jalur kabel yang tidak sesuai dengan standar, ada kemungkinan kabel itu bisa kena katalis, sehingga bisa kebakar kabelnya. Jadi pastikan kabelnya balik ke posisi semula," papar Resha.

Biaya penggantian untuk bagian engine wiring harness ini tergolong cukup mahal, bahkan sebanding dengan sebuah harga mobil LCGC.

Contohnya untuk Lamborghini Aventador LP700-4 lansiran 2012, Supercar.id mematok biaya penggantian engine wiring harness ini seharga Rp 105 juta dan biaya jasanya Rp 5 juta.

(mhg/din)