Lamborghini Countach Resmi Hidup Lagi, Tenaganya Makin Buas

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 15 Agu 2021 08:27 WIB
Lamborghini Countach
Lamborghini Countach hidup lagi dengan tenaga yang lebih buas. Foto: Dok. Lamborghini
Jakarta -

Setelah puluhan tahun Lamborghini Countach tidak diproduksi, kini supercar tersebut muncul kembali. Mengusung nama yang sama, Lamborghini Countach membawa perubahan dengan desain dan fitur lebih modern.

Setelah beberapa hari lalu sebagian wujud dari Lamborghini Countach muncul di media sosial, kini produsen otomotif asal Italia itu resmi meluncurkannya. Dengan nama Countach LPI 800-4, Lamborghini memberikan kesan Countach klasik dengan sentuhan modern.

Dikutip dari Carscoops, sejak model terakhir diluncurkan pada tahun 1990 atau tepatnya 31 tahun yang lalu, Countach kini hadir dengan desain modern dan sekilas mirip dengan supercar Aventador. Tapi, Countach memberikan sentuhan karbon fiber di bagian bodi yang terlihat lebih modern.

Seperti halnya mobil supercar milik Lamborghini modern, terdapat desain yang mewakili dari Countach seperti permukaan bodi bersudut, tampilan yang gagah dan pastinya pintu model gunting.

Pada bagian depannya, terdapat lampu depan yang mengusung model trapesium, moncong mobil yang 'pesek' serta intake berbentuk persegi panjang. Lengkungan roda juga dibentuk heksagonal yang dilengkapi dengan velg bergaya retro berukuran 20 inci di depan, serta 21 inci di belakang.

Lamborghini CountachLamborghini Countach Foto: Dok. Lamborghini

Sementara di bagian lampu belakang terlihat tiga buah lampu berbentuk heksagonal yang serupa dengan model Lamborghini Sian. Hadir juga empat buah knalpot berukuran besar serta serat karbon yang menambah gahar Countach versi modern. Pada versi Countach terbaru juga tidak mengusung sayap belakang.

Membahas bagian interior, Lamborghini Countach tampil dengan desain mewah dan modern. Para desainer Lamborghini menggabungkan dua desain interior yang diambil dari model Aventador dan Sian. Bagian setir kemudi dan kursi mengusung model dari Aventador, sementara di bagian sisi pintu, dashboard dan konsol tengah terinspirasi dari tipe Sian.

Lamborghini CountachLamborghini Countach Foto: Dok. Lamborghini

Tentunya, Lamborghini tidak lupa memberikan sentuhan berbeda dan menjadikan ciri khas bagi Countach. Seperti hadirnya new climate vent serta menambahkan sentuhan lapisan kulit di bagian tengah interior mobil. Hadir juga layar infotainment berukuran 8,4 inci di bagian tengah untuk memberikan kemudahan bagi pengemudi.

Bagi para calon konsumen, Lamborghini menyediakan sejumlah pilihan yang bisa dikustomisasi mulai dari warna mobil, konfigurasi bagian interior, serta warna tambahan untuk bagian karpet, langit-langit serta sentuhan jahitan kulit.

Mengenai dapur pacunya, Lamborghini dilengkapi dengan mesin yang gahar. Mengusung mesin V12 berkapasitas 6.5 L, supercar ini mampu menghasilkan tenaga hingga 769 hp. Hadir juga tenaga motor listrik sebesar 48 volt yang mampu menambahkan tenaga sebesar 25 hp. Sementara torsi puncaknya di angka 557 lb-ft.

Soal akselerasinya, Lamborghini Countach dapat melaju dari 0-100 km/jam dalam waktu 2,8 detik saja dan hanya membutuhkan waktu 8,6 detik untuk melesat dari 0-200 km/jam. Untuk kecepatan maksimalnya, mobil ini mampu menempuh hingga 355 km/jam.

Meski sudah diluncurkan secara resmi, Lamborghini belum mengumumkan berapa harga jual supercar Countach tersebut. Namun diprediksi harganya mencapai US$ 1 juta atau sekitar Rp 14 miliar. Rencananya mobil tersebut akan dikirim ke konsumen mulai awal 2022 mendatang.



Simak Video "Lamborghini Countach Resmi Hidup Lagi, Mobil Impian Anak 90-an"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)