Masih Dijual, Ini Lho Mobil-Mobil yang Betah Pakai 'Muka Lama' di Indonesia

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 12 Okt 2021 17:53 WIB
Daihatsu Luxio
Daihatsu Luxio salah satu mobil yang tak kunjung mendapat perubahan besar Foto: Daihatsu Luxio

4. Daihatsu Luxio

Daihatsu Luxio merupakan minibus Gran Max versi lebih mewah. Tapi sejak diluncurkan pertama kali pada 2009, belum terlihat tanda-tanda jika Daihatsu Luxio akan mengalami major change.

Memiliki desain MPV dengan bentuk kotak serta pintu geser manual. Daihatsu Luxio tidak memiliki kompetitor di Indonesia, sebab Nissan Evalia, dan Honda Freed sudah disuntik mati. Adapun Luxio mengalami facelift setelah 5 tahun hadir di Indonesia, tepatnya 2014 silam.

Daihatsu LuxioDaihatsu Luxio Foto: Daihatsu Luxio

Misalnya pada bagian eksterior, perubahan terlihat dari tampilan bemper depan dan grille. Pada bagian samping, terdapat penambahan side body molding. Tipe X dilengkapi dengan chrome ornament, chrome outer mirror dengan turn lamp dan desain baru alloy wheel.

Di bagian belakang, desain lampu spoiler dengan LED high mount stop lamp (untuk tipe X), clear lens pada lampu belakang, lower back door garnish, serta desain baru pada bumper reflector lamp di bagian belakang. Serta dilengkapi dengan muffler cutter.

5. Toyota Avanza - Daihatsu Xenia

Hampir 18 tahun mengaspal, Toyota belum meluncurkan Avanza generasi ketiga sampai saat ini. Well, bila dihitung siklus major change atau generasi terbaru, apakah All New Avanza sudah waktunya debut pada 2021?

Usia Toyota Avanza-Daihatsu Xenia saat ini sudah hampir 18 tahun sejak diperkenalkan pertama kali pada 2003.

Toyota Avanza 2019 dan Veloz 2019 akhirnya meluncur. PT Toyota-Astra Motor memberikan penyegaran terhadap mobil yang dijuluki sejuta umat tersebut.Toyota Avanza 2019 Foto: Agung Pambudhy

Kedua model ini rajin mendapatkan sentuhan facelift. Misalnya Avanza generasi kedua yang meluncur pada 2011 telah disegarkan pada 2015 dalam bentuk Grand New Avanza. Pun salah satu mobil terlaris ini kembali disegarkan pada 2019 lalu. Itu artinya Avanza-Xenia sudah hampir 10 tahun masih menggunakan basis yang sama.

Memang kali terakhir disegarkan, mobil sejuta umat ini mobil sejuta umat menjadi terlihat lebih mewah. Mobil itu menggunakan lampu utama LED yang desainnya terinspirasi dari Vellfire.


(riar/din)