Tidak Hanya Melihat Maps, Apple CarPlay Nantinya Juga Bisa Mengontrol Mobil

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 11 Okt 2021 18:49 WIB
Apple CarPlay di MINI Cooper S Cabrio 2021
Ilustrasi Apple CarPlay di MINI Cooper S Cabrio 2021 Foto: 20Detik
Jakarta -

Apple CarPlay saat ini menjadi fitur yang sangat memudahkan bagi para pengguna iPhone untuk menyambungkan smartphone ke headunit mobil. Namun tak sampai disitu, Apple berencana untuk menambahkan fitur yang dapat membuat Apple CarPlay mengontrol mobil lebih jauh lagi.

Dilansir dari Autoblog, Apple CarPlay nantinya dapat mengakses informasi iklim dengan membaca suhu dan kelembaban di dalam dan di luar kabin mobil. Lalu, CarPlay juga akan dapat membaca speedometer, tachometer, informasi bahan bakar.

Canggihnya lagi, Apple CarPlay juga akan dapat mengatur equalizer speaker, pengaturan AC mobil, hingga pengaturan kursi yang elektrik. Fitur ini diduga bernama IronHeart dan saat ini masih dalam tahap awal pengembangan.

Menurut Autoblog, pihak Apple sedang melakukan kerjasama dengan para pabrikan mobil. Fitur ini diprediksi, sedang dikembangkan oleh Apple lantaran keluhan pengguna Apple CarPlay yang merasa terganggu dengan peralihan antara CarPlay dan sistem bawaan untuk mengelola kontrol mobil.

Hadirnya IronHeart ini tentu akan menjadi terobosan dan nilai lebih bagi para pemilik iPhone dan mobil yang sudah mendukung sambungan CarPlay. Namun kendalanya adalah, tidak semua pabrikan mobil membiarkan kendali penuh atas mobilnya kepada Apple.

Perlu diketahui, Apple CarPlay tercatat sudah rilis sejak 2014 silam. Hadirnya Apple CarPlay di headunit mobil ini, membuat pengguna iPhone dapat mengakses peta, sambungan telfon, SMS, hingga pemutar musik di iPhone secara langsung ke headunit.

Selain itu, belum lama ini Apple juga baru merilis Apple CarKeys, yang dapat membuat iPhone menggantikan peran kunci mobil. Sehingga pemilik mobil yang memiliki iPhone, dapat mengakses mobilnya hanya dengan mengantongi iPhone.

"Dimulai dengan beberapa model mobil baru di 2021, kini Anda dapat membuka kunci dan menyalakan mobil dengan iPhone. Berbagi kunci dengan teman atau keluarga juga mudah. Anda juga dapat membuat profil terbatas, cocok untuk pengemudi baru. Kunci mobil bahkan akan berfungsi hingga lima jam setelah baterai iPhone Anda habis," tulis Apple di laman resminya.



Simak Video "MacBook Pro Terbaru Dipersenjatai M1 Pro dan M1 Max, Apa Bedanya?"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/lth)