Waspada! Getaran Motor Bisa Buat iPhone Rusak

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 12 Sep 2021 10:33 WIB
Ilustrasi iPhone di Motor
Ilustrasi iPhone di motor Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Lewat rilis resmi yang diunggah pada Jumat (10/9/21) silam di laman resminya, Apple memperingatkan bahaya getaran motor yang dapat merusak perangkat iPhone. Kerusakan pada iPhone ini dapat muncul jika pengendara memasang iPhone di phone holder dan diletakkan di area setang.

"Mesin sepeda motor berdaya tinggi atau bervolume tinggi menghasilkan getaran amplitudo tinggi yang intens, yang ditransmisikan melalui sasis dan setang. Tidak disarankan untuk memasang iPhone Anda ke sepeda motor dengan mesin berdaya tinggi atau bervolume tinggi karena amplitudo getaran dalam rentang frekuensi tertentu yang dihasilkannya," tulis Apple dalam rilis resminya.

Ilustrasi iPhone di MotorIlustrasi iPhone di Motor Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Tidak hanya kepada motor dengan kapasitas mesin besar, Apple juga mengambil langkah pencegahan dengan tidak menyarankan pemilik iPhone memasang handphone-nya di setang motor dengan kapasitas mesin kecil sekalipun.

"Disarankan juga untuk menghindari penggunaan rutin dalam waktu lama untuk mengurangi risiko kerusakan lebih lanjut," tulis Apple.

Penggunaan holder handphone atau pemasangan handphone di area kemudi sepeda motor sudah menjadi tren. Biasanya hal ini digunakan untuk dapat melihat peta atau penunjuk arah dengan lebih akurat.

Nah, tanpa disadari getaran dari mesin yang mengalir ke area setang ternyata dapat merusak perangkat iPhone. Apple mengatakan, getaran ini dapat merusak bagian OIS dan closed-loop AF di peranti kamera iPhone.

OIS adalah optical image stabilization, yang berguna untuk mengurangi gerakan dan keburaman yang dihasilkan ketika memotret. Sedangkan closed-loop AF, adalah teknologi yang dapat membuat kamera dapat menjaga titik fokus dengan baik, walau terkena guncangan.

Fitur OIS ini terdapat di iPhone 6 Plus, iPhone 6s Plus, iPhone 7, iPhone SE generasi kedua, dan model iPhone setelahnya. Sedangkan fitur closed-loop AF terdapat di model iPhone XS, iPhone SE generasi kedua, dan model iPhone setelahnya.



Simak Video "Terasa Lemot, Ini Trik Atasi Tarikan Bawah Loyo di Motor Matic Suzuki"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)