Beli Mobil Honda Semakin Mudah, Bisa Disewa per Bulan Dulu Baru Transaksi

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 11 Okt 2021 14:08 WIB
Konsep Mobil Listrik Honda SUV e:concept
Ilustrasi Mobil Honda Foto: Dok. Honda
Jakarta -

Honda menghadirkan inovasi baru dalam mempermudah transaksi pembelian unit mobil barunya. Kini, Honda jadi produsen otomotif pertama di Jepang yang menawarkan penjualan dan penyewaan mobil secara online.

Dikutip dari Carscoops, layanan tersebut diberi nama Honda ON. Namun, jasa ini baru tersedia untuk wilayah di Tokyo saja. Akan tetapi, perusahaan berencana akan memperluas jaringan hingga ke seluruh Jepang.

Jadi, melalui layanan Honda ON calon konsumen dapat membeli mobil baru namun dengan cara disewa terlebih dahulu. Pelanggan dapat memilih kontrak sepanjang tiga atau lima tahun untuk menyewa mobil. Honda menawarkan berbagai model mulai dari N-Box, Fit, Freed, dan Vezel (HR-V).

Seluruh prosesnya pun bakal dilakukan secara online, mulai dari konsultasi, penawaran harga, penyelesaian kontrak, hingga pengurusan asuransi mobil. Konsumen diwajibkan membayar biaya bulanan yang mencakup sewa kendaraan dan biaya perawatannya.

Selain itu, Honda juga menawarkan opsi bagi pelanggan untuk membeli mobil setelah kontrak berlangganan berakhir. Jika tidak ingin membelinya, maka konsumen harus mengembalikan mobil ke dealer Honda.

Saat menggunakan layanan Honda ON, konsumen disarankan untuk memilih dealer Honda terdekat. Nantinya, dealer tersebut akan menerima mobil yang sudah dipesan konsumen dan dapat melakukan perawatan berkala di dealer yang sama.

Honda NBox di Tokyo Motor Show 2017.Ilustrasi Honda NBox di Tokyo Motor Show 2017. Foto: Andi Sururi

Harga langganannya juga beragam sesuai dengan model yang dipilih. Seperti tipe N-Box sebesar US$ 279 (Rp 3,9 juta) per bulan, Fit dibanderol US$ 382 (Rp 5,4 juta) per bulan, Freed mulai dari US$ 439 (Rp 6,2 juta) per bulan, dan Vezel atau HR-V mencapai US$ 435 (Rp 6,1 juta) per bulan. Harga di atas sudah termasuk pajak.

Sebelum menyewa mobil baru, konsumen bisa melakukan test drive lewat layanan Honda ON. Sehingga pelanggan dapat merasakan sensasi berkendara sebelum akhirnya memutuskan untuk membelinya atau tidak.

Layanan sewa mobil ini sebenarnya sudah dilakukan oleh sejumlah produsen otomotif dari beberapa tahun lalu, salah satunya Volvo. Perusahaan asal Swedia ini menghadirkan layanan 'Car by Volvo' bagi calon konsumen di negaranya.

Telah diluncurkan sejak 2017, layanan Car by Volvo ini sukses menarik masyarakat Swedia untuk menyewa mobil daripada membelinya. Mercedes-Benz juga pernah menghadirkan jasa tersebut di Amerika Serikat, namun sayang pada 2020 layanan itu ditutup karena sepi peminat dan hanya ratusan mobil saja yang berhasil disewakan.

Layanan beli mobil secara online ini dilakukan Honda untuk mencegah penyebaran virus di tengah pandemi COVID-19. Hadirnya layanan Honda ON juga diharapkan dapat menaikan jumlah penjualan, khususnya bagi calon konsumen di usia muda yang ingin membeli atau menyewa kendaraan secara praktis.



Simak Video "Honda HR-V Baru Akan Pakai Mesin 1.500 cc Turbo?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)